Apakah penggunaan listrik bisa dihemat bagaimana caranya

KOMPAS.com – Penggunaan listrik yang aman dan efesien mampu membantu mengurangi pemanfaatan energi sekaligus menghemat pengeluaran rumah tangga.

Memastikan penggunaan listrik yang aman di rumah penting pula dilakukan untuk menjaga keselamatan seluruh anggota keluarga.

Setiap penghuni rumah perlu memahami cara menggunakan listrik yang aman. Dilansir dari Energy Save Victoria, berikut adalah 5 cara menggunakan energi listrik yang aman:

1. Jangan menggunakan peralatan listrik yang rusak

Jangan coba-coba menggunakan peralatan listrik yang sudah rusak atau tua, termasuk kabel yang isinya menjuntai, steker retak atau putus, atau peralatan apapun yang bisa membuat seseorang tersengat.

2. Jangan menyentuh sakelar yang longgar

Ketika ada sakelar yang longgar, retak, atau rusak, jangan disentuh dan segera tutup agar tidak membahayakan. Mintalah teknisi listri untuk segera menggantinya.

Baca juga: Serba Terbatas, Begini Kehidupan Manusia Sebelum Adanya Listrik

3. Jangan menyemprotkan pembersih rumah

Menjaga peralatan listrik di rumah agar tetap bersih memang penting. Namun, lakukan pembersihan dengan hati-hati.

Jangan menyemprotkan cairan pembersih rumah, deterjen, dan sebagainya pada peralatan listrik karena mungkin akan menyebabkan kerusakan.

4. Matikan peralatan listrik saat tidak digunakan

Agar penggunaan listrik aman dan biaya listrik bulanan pun dapat dihemat, matikan semua peralatan listrik yang sudah tidak digunakan.

Dengan demikian, anak-anak yang berada di rumah pun dapat bermain dengan leluasa tanpa khawatir menyentuh barang-barang listrik yang masih hidup.

Baca juga: Sejarah Penemuan Listrik, Ditemukan Pertama Kali Secara Tidak Sengaja

5. Jangan sentuh peralatan listrik saat tangan basah

Biasakan untuk mengeringkan tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh peralatan listrik. Jika tangan basah saat menyentuh peralatan listrik, dikhawatirkan akan tersetrum oleh listrik.

Selain itu, jangan pernah menggunakan peralatan listrik apapun di dekat air. Pasalnya, air dan listrik dapat berbahaya jika tercampur.

Tagihan listrik terus membengkak setiap bulannya? Kesal dan bingung gimana cara menghemat listrik jika ada banyak alat elektronik di rumah kita? Jangan khawatir! Ada banyak sekali cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat kebutuhan listrik dan menekan tagihan listrik di rumah. 

Selain itu, ternyata dengan menghemat listrik, kita juga dapat membantu mengurangi emisi karbon dioksida dari pembakaran energi yang tidak bersih. 

Contents

  • Bagaimana Cara Hemat Listrik Paling Mudah?
    • 1. Gunakan listrik prabayar
    • 2. Matikan alat elektronik saat tidak digunakan
    • 3. Cabut steker pengisi daya baterai
    • 4. Gunakan perangkat yang hemat daya atau low watt
    • 5. Gunakan lampu LED
    • 6. Gunakan lampu seperlunya
    • 7. Gunakan kipas angin
    • 8. Maksimalkan pintu dan jendela
    • 9. Gunakan gorden yang sesuai
    • 10. Matikan alat elektronik di malam hari
    • 11. Pilih mesin cuci yang sesuai kebutuhan
    • 12. Keringkan pakaian secara alami
    • 13. Gunakan TV LED
    • 14. Gunakan laptop daripada PC
    • 15. Pilihlah setrika dengan pengatur panas otomatis
    • 16. Jangan sering-sering menghidupkan dan mematikan AC
    • 17. Gunakan air panas saat memasak nasi
    • 18. Kurangi penggunaan microwave
    • 19. Meminimalisir penggunaan dispenser
    • 20. Batasi atau jadwalkan penggunaan elektronik daya besar
    • 21. Turunkan suhu kulkas
    • 22. Tidak memasukkan makanan panas ke dalam kulkas
    • 23. Hindari kulkas dalam keadaan terlalu penuh atau kosong
    • 24. Perbanyak tanaman di rumah
    • 25. Lakukan bersama seluruh anggota keluarga

Bagaimana Cara Hemat Listrik Paling Mudah?

Menghemat listrik di rumah ternyata tidak sulit dilakukan, lho. Asalkan, kita bisa menerapkan kebiasaan baru, seperti berikut ini.

1. Gunakan listrik prabayar

Dengan menggunakan meteran listrik dengan sistem prabayar ini, kamu dapat mengatur sendiri seberapa penggunaan listrik di rumahmu agar tetap hemat.

2. Matikan alat elektronik saat tidak digunakan

Mematikan semua alat elektronik yang tidak digunakan di rumah merupakan cara yang sangat ampuh untuk menghemat listrik dan mengurangi tagihan secara signifikan.

Jangan biarkan peralatan elektronik kamu tetap terhubung dengan stop kontak listrik jika sudah selesai menggunakannya. Mulailah membiasakan diri untuk selalu mencabut kabel yang tidak terpakai.

3. Cabut steker pengisi daya baterai

Siapa nih yang setelah mengisi daya baterai ponsel hingga penuh lalu membiarkan kabelnya tetap terhubung dengan stop kontak ? 

Stop melakukan hal itu ya, Ruppers! Kabel yang masih terhubung dengan stop kontak saat tidak terpakai tetap akan mengalirkan arus listrik loh. Jadi, jika ingin menghemat listrik, hindari kebiasaan ini ya.

4. Gunakan perangkat yang hemat daya atau low watt

Banyak peralatan elektronik saat ini yang sudah memiliki fitur khusus untuk menghemat penggunaan listrik, seperti pada AC, kulkas, mesin cuci, dan lainnya.

Biasanya akan ada keterangan yang dapat memudahkan kamu mencari alat elektronik mana yang memiliki watt kecil atau low watt.

5. Gunakan lampu LED

Dapatkan lampu led berkualitas hanya di Ruparupa.com

Walaupun harga lampu LED sedikit lebih mahal dibandingkan yang biasa, tetapi lampu ini memiliki banyak sekali keunggulan loh.

Pemakaian lampu LED dapat menghemat listrik hingga 90 persen. Lampu LED dapat mengeluarkan cahaya yang lebih terang, dan tahan lama daripada lampu biasa. Hal ini dapat menjadi salah satu cara menghemat listrik yang efektif. 

6. Gunakan lampu seperlunya

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan tagihan listrik adalah menyalakan lampu di siang hari atau saat tidak berada di rumah. 

Di siang hari, akan lebih baik jika mematikan lampu-lampu di rumah dan memanfaatkan sinar atau cahaya matahari yang masuk.

Baca Juga:   16 Nama Alat Listrik dan Gambarnya ini Wajib Kamu Tahu

7. Gunakan kipas angin

Kipas angin membutuhkan daya listrik yang lebih sedikit dibandingkan AC, sehingga dapat menjadi salah satu solusi jika merasa panas di suatu ruangan, tetapi ingin tetap menghemat listrik.

Berikut ini kami punya rekomendasi kipas angin yang bisa kamu gunakan.

Kris Kipas Angin 3 In 1 40 Cm beli di Ruparupa.com

Beli di sini

8. Maksimalkan pintu dan jendela

Sumber : unsplash.com

Semakin banyak udara dan cahaya yang masuk melalui pintu atau jendela tentunya akan membantu kamu untuk menghemat listrik, khususnya di siang hari.

Sinar matahari yang masuk melalui pintu ataupun jendela akan cukup untuk menerangi rumahmu, sehingga tidak perlu menyalakan lampu lagi. Selain itu, dengan banyaknya ventilasi udara yang ada, rumahmu akan menjadi lebih sejuk.

9. Gunakan gorden yang sesuai

Jika sinar matahari yang masuk ke rumahmu saat siang hari terlalu panas, gunakanlah gorden atau tirai yang sesuai. Dengan begitu, kamu akan tetap nyaman saat di rumah.

Set Gorden 135×250 Cm Jacquard Star Embro 2 Pcs

Beli di sini

 

Gorden Set 2 Pcs Polyester Print Braid 140×250 Cm – Kuning

Beli di sini

10. Matikan alat elektronik di malam hari

Saat aktivitas kita berakhir dan akan beristirahat di malam hari, jangan lupa untuk mematikan semua peralatan elektronik dan juga lampu di rumah. Selain dapat menghemat listrik, kamu juga dapat mendapatkan istirahat yang lebih maksimal.

11. Pilih mesin cuci yang sesuai kebutuhan

Saat akan membeli mesin cuci, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu agar dapat lebih menghemat listrik dan juga biaya perawatannya. 

Semakin besar kapasitas tampungan mesin cuci, daya listrik yang terpakai juga akan lebih tinggi. 

12. Keringkan pakaian secara alami

Sumber : unsplash.com

Kamu dapat mempertimbangkan cara ini untuk dapat lebih menghemat listrik. Walaupun mesin cuci saat ini kebanyakan sudah memiliki fitur pengeringnya sendiri, akan lebih baik jika tidak selalu menggunakannya agar dapat mengurangi konsumsi listrik. Kamu dapat memilih alternatif lain, yaitu dengan menjemur baju di bawah sinar matahari.

13. Gunakan TV LED

TV LED mengonsumsi listrik lebih hemat hingga 50 persen dibandingkan dengan model yang lama. Selain itu, tampilan dari TV LED ini sendiri tentunya akan lebih nyaman dan jelas, sehingga akan memberikan pengalaman menonton yang lebih baik. 

14. Gunakan laptop daripada PC

Sumber : unsplash.com

Bagi sebagian orang, menggunakan PC akan lebih baik dan leluasa karena mampu menampung data yang besar. Akan tetapi, CPU pada PC dapat menyedot listrik dalam jumlah yang lebih banyak. PC membutuhkan daya listrik lebih dari 400 watt, sedangkan laptop hanya kisaran 25 watt

Dengan begitu, lebih baik untuk beralih ke laptop yang tentunya juga memiliki banyak keunggulan, seperti lebih hemat listrik, mudah membawanya kemana-mana, dan lain-lain.

15. Pilihlah setrika dengan pengatur panas otomatis

Saat menyetrika, tentunya akan menghabiskan waktu yang cukup lama. Setrika yang tidak memiliki pengatur panas otomatis akan terus mengalirkan listrik. 

Hal ini yang menjadi alasan mengapa kamu perlu memilih setrika yang memiliki pengatur panas otomatis agar dapat membantumu lebih menghemat listrik. 

16. Jangan sering-sering menghidupkan dan mematikan AC

Tidak sedikit orang yang seringkali mematikan AC saat suhu di ruangannya telah mencapai suhu tertentu sebagai langkah untuk menghemat listrik. 

Nyatanya, dengan terus menghidupkan dan mematikan AC akan menyedot daya listrik yang lebih banyak. Hal tersebut akan meningkatkan beban pada AC saat kamu menyalakannya kembali. 

Jadi, akan lebih baik jika menyalakan AC, atur di suhu 24 hingga 28 derajat. Kamu dapat menaikkan suhu AC secara bertahap 1 derajat apabila merasa sudah terlalu dingin, sehingga dapat menghemat listrik yang kamu gunakan.

Baca Juga:   Newly Wed Must-Haves: Home Electronics Under Rp 3.000.000

17. Gunakan air panas saat memasak nasi

Memasak nasi menggunakan rice cooker hemat daya memang dapat mengurangi konsumsi listrik. Tetapi, tahukah kamu kalau ada cara lain yang dapat membuatmu lebih menghemat listrik ?

Kamu dapat mulai memasak nasi menggunakan air panas. Selain dapat menghemat listrik, ternyata memasak nasi dengan air panas dapat membuat prosesnya menjadi lebih cepat loh !

18. Kurangi penggunaan microwave

Sumber : unsplash.com

Memanaskan makanan dengan microwave memang lebih simpel dan praktis. Tetapi, dalam sekali penggunaannya saja, microwave dapat menghabiskan daya sebesar 850 hingga 2000 watt. Jadi, akan lebih baik jika kamu memanaskan makanan dengan cara mengukusnya.

19. Meminimalisir penggunaan dispenser

Pemanas dan pendingin air pada dispenser ini ternyata dapat mengonsumsi daya listrik dalam jumlah yang lebih banyak. Jadi, untuk menghemat listrik, akan lebih baik jika kamu memasak air panas sendiri di kompor dan jika memerlukan air dingin, kamu dapat mendinginkannya di kulkas.

20. Batasi atau jadwalkan penggunaan elektronik daya besar

Ketahui mana saja perangkat elektronik di rumahmu yang memiliki daya listrik besar, sehingga kamu dapat mengatur penggunaan alat-alat tersebut. 

Kamu dapat menjadwalkan penggunaan dari setiap alatnya, seperti menggunakan mesin cuci dua kali seminggu, menggunakan AC hanya saat akan tidur di malam hari, dan sebagainya. 

21. Turunkan suhu kulkas

Kebanyakan orang mungkin tidak terlalu memperhatikan suhu dari kulkas kita. Kamu dapat menaikkan suhu kulkas saat dirasa sudah terlalu dingin atau tidak terlalu banyak isi di dalamnya untuk dapat lebih menghemat listrik.

Selain itu, suhu kulkas yang terlalu rendah atau dingin dapat membuatnya lebih berat bekerja sehingga bisa saja menjadi cepat rusak.

22. Tidak memasukkan makanan panas ke dalam kulkas

Siapa yang sering memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas ? Ternyata itu dapat membuat kamu gagal menghemat listrik loh!

Makanan atau minuman panas dapat berdampak pada suhu kulkas yang membuatnya lebih berat bekerja dan mengonsumsi lebih banyak daya listrik. Jadi, hindari memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas ya, Ruppers!

23. Hindari kulkas dalam keadaan terlalu penuh atau kosong

Tahukah kamu kalau isi kulkas yang tidak sesuai dengan kapasitasnya akan membuat kinerja kulkas menjadi kurang baik? Nah, tips hemat listrik berikutnya adalah kita perlu kurangi kapasitas isi kulkas.

Kulkas yang terlalu penuh atau bahkan kosong dapat membuatnya bekerja ekstra untuk menyesuaikan suhu di dalamnya. Daya listrik yang terpakai juga tentunya akan semakin besar. Jadi, isi kulkas kamu sesuai dengan kapasitasnya ya.

24. Perbanyak tanaman di rumah

Sumber : countryliving.com

Tips menghemat listrik di rumah yang paling mudah dilakukan adalah dengan memperbanyak tanaman di sekitar rumah. Ada berbagai tanaman hias penyejuk rumah yang dapat menjadi pilihan kamu.

Selain dapat membuat rumahmu menjadi lebih indah, adanya tanaman-tanaman ini dapat membuat udara sekitar menjadi lebih sejuk dan segar. Hal ini tentunya dapat membantu kamu mengurangi penggunaan AC atau kipas angin.

25. Lakukan bersama seluruh anggota keluarga

Tentunya semua cara sebelumnya tidak dapat berjalan maksimal jika tidak seluruh orang di rumah yang melaksanakannya. Yuk ajak seluruh anggota keluargamu untuk dapat bersama-sama menghemat listrik!

Nah, Ruppers, sudah tahu kan bagaimana cara untuk menghemat listrik di rumah anda agar tagihan tetap hemat?

Produk-produk rekomendasi diatas dapat kamu temukan dengan mudah di Ruparupa.com. Yuk, belanja sekarang dan dapatkan berbagai penawaran menarik!

Apakah penggunaan listrik bisa dikurangi?

Jawaban: tentu bisa, contoh kecilnya ada pada penggunaan lampu LED sebagai lampu dimanapun.

Mengapa energi listrik dihemat?

Semakin tinggi konsumsi daya listrik, maka semakin tinggi pula emisi CO2 yang dapat merusak atmosfer bumi. Akibat kerusakan atmosfer dapat mempengaruhi pemanasan global yang parah. Dengan menghemat energi listrik, kita telah melindungi bumi dari pemanasan global.

Bagaimana cara kamu menghemat penggunaan listrik?

Cara Menghemat Listrik.
Ganti Lampu Biasa dengan Lampu LED. ... .
Nyalakan Lampu Seperlunya. ... .
Cabut Kabel dari Stop Kontak Saat Tidak Digunakan. ... .
Atur Pemakaian Alat Elektronik yang Membutuhkan Daya Listrik Besar. ... .
Jangan Membiarkan Alat Elektronik Menyala Ketika Tidak Digunakan. ... .
Atur Ventilasi Udara agar Sirkulasi Udara Lebih Baik..

Bagaimana cara agar tagihan listrik bulanan tidak makin besar?

7 Cara Menghemat Listrik Untuk Mengurangi Tagihan Listrik Bulanan.
Mematikan Perangkat Elektronik Jika Selesai Digunakan..
Menggunakan Perangkat Hemat Energi..
Membersihkan Perangkat Elektronik..
Menggunakan Listrik Prabayar..
Gunakan AC dengan Bijak..
Atur Ventilasi Udara Agar Sirkulasi Udara Lebih Baik..