Apakah perbedaan antara hardware software dan brainware

Pengertian Hardware, Software dan Brainware – Hadware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (pengguna), merupakan tiga rangkaian komponen dasar yang sangat penting, sebab apabila salah satunya tidak ada mengakibatkan komputer tidak dapat dijalankan dengan baik. Nah untuk anda yang belum mengerti perbedaan antara pengertian hardware, software dan brainware berikut akan kami sajikan secara lengkap untuk anda.

Daftar Isi

  • 1 Pengertian hadware, software dan brainware
  • 2 1. Hardware
  • 3 2. Software (perangkat lunak)
  • 4 3. Brainware (pengguna)

1. Hardware

Yang dimaksud dengan hadware adalah merupakan suatu komponen yang terdapat dalam sebuah komputer, dapat dilihat dengan cara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Beberapa contoh dari hadware adalah sebagai berikut:

  • Perangkat input (masukan), merupakan sebuah perangkat keras yang dipakai untuk memasukkan (input) dari user (pengguna) yang akan di proses oleh komputer. Misalnya seperti contoh: mouse, keybord, joystick, touchpad, ligh pen, barcode, scanner, microphone, dan lain sebagainya.
  • Perangkat proses, merupakan sebuah perangkat keras yang gunanya adalah untuk memproses masukan (input) yang sudah diberikan oleh pengguna (user). Misalnya seperti: processor.
  • Perangkat output (keluaran), merupakan sebuha perangkat keras yang gunanya adalah untuk memperlihatkan hasil yang sudah di olah oleh komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna (user). Misalnya seperti contoh: monitor, printer, speaker, proyektor, plotter, dan lain sebagainya.

2. Software (perangkat lunak)

Yang dimaksud dengan software adalah merupakan kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer. Data komputer yang disimpan dapat berupa progam yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Software ini tidak dapat dipegang. Beberapa contoh software adalah sebagai berikut:

  • Sistem operasi: merupakan suatu perangkat lunak atau software yang memang ada dan sebagai jalur penghubung antara user (pengguna) dengan hardware (perangkat keras). Misalnya seperti: Windows, Linux, dan Mac OS
  • Software aplikasi: merupakan suatu perangkat lunak yang memiliki kegunaan untuk diaplikasikan agar dapat memenuhi kebutuhan dan kepentingan user (pengguna). Misalnya seperti: Microsoft Office, Libre Office, Corel Draw, Photosop, dan lain sebagainya.

3. Brainware (pengguna)

Yang dimaksud dengan brainware adalah manusia yang memakai, menggunakan atau mengoperasikan komputer. Tanpa adanya campur tangan manusia, komputer tidak akan pernah bisa dijalankan. Maka, peran brainware disini sangatlah fital agar komputer dapat digunakan dan di operasikan dengan baik oleh penggunanya.

Demikanlah penjalasan singkat mengenai pengertian hardware, software, dan brainware, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Brilio.net - Perkembangan teknologi memang membawa dampak yang besar dalam kehidupan manusia. Di era yang serba digital ini, kita selalu dimudahkan dalam menjalankan setiap pekerjaan.

Komputer juga menjadi barang wajib yang tak bisa ditinggalkan. Mulai dari mengolah data, menjalin komunikasi, hingga mencari informasi bisa kita lakukan dengan komputer.

Karena itulah, penting untuk mengetahui apa saja komponen-komponen wajib dalam komputer yang menyebabkannya terus lancar beroperasi. Komponen tersebut ada tiga, yakni hardware, software, dan brainware. Jika diuraikan lebih lanjut, maka ketiga komponen tersebut memiliki pengertian, fungsi, dan contohnya masing-masing lho.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (22/4), berikut pengertian software, hardware, dan brainware beserta contohnya.

-1. Hardware.

foto: freepik.com

Hardware adalah suatu komponen yang ada pada komputer, bisa dilihat secara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Fungsi hardware antara lain untuk mendukung kinerja komputer, sebagai pengolah data, dan menampilkan input proses. Beberapa contoh hardware dalam komputer yaitu:

- CPU (Central Processing Unit).

CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data

- Monitor.

Monitor merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.

- Keyboard

Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.

- Mouse

Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.

- CD ROM

Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk). Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik.

- Harddisk.

Harddisk merupakan alat untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis.

- Compact Disk (CD)

Compact Disk adalah media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik. Proses penyimpanan dan pembacaan datanya menggunakan sistem optik.

- Floppy Disk

Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.

- Scanner.

Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.

- Printer.

Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak,berupa teks maupun gambar/grafik.

-2. Software.

foto: freepik.com

Software adalah kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan komputer bisa berupa program yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Beberapa jenis software antara lain sebagai berikut:

1. Software system.

Software system terdiri dari 3 yakni sistem operasi, program bantu, dan bahasa pemrograman. Penjelasannya sebagai berikut:

- Sistem operasi

Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembatani pengguna dan perangkat keras. Contoh sistem operasi yang sering digunakan adalah Windows, DOS, Linux, dan lain sebagainya.

- Program bantu (utility)

Program Bantu merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi, contohnya seperti antivirus, defragmenter, format disket, dan masih banyak lagi.

- Bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan suatu aplikasi yang berguna mengkonversi perhitungan yang bersifat matematis menjadi suatu aplikasi. Sebagai contoh bahasa pemrograman Php, java,  C++ dan sebagainya.

2. Software aplikasi.

Software aplikasi merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugas perkantoran seperti pengolah kata, lembar kerja, presentasi, pengolahan halaman web, hingga perangkat media player, dan sebagainya. Software aplikasi dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian, yaitu:

- Pengolahan kata (word processor)

Berfungsi untuk melakukan pengolahan kata yaitu pekerjaan yang berhubungan dengan naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat.

Contoh aplikasi: Microsoft Word, Amipro, Wordperfect, dan Wordstar.

- Pengolah angka (spreadsheet).

Pengolah angka berfungsi untuk melakukan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan angka-angka, seperti penggunaan perhitungan, laporan keuangan, dan grafik.

Contoh aplikasi: Microsoft Excel, Symphony, Super Calc, Lotus 123, Quatro Pro.

- Pengolah data (database).

Berfungsi untuk melakukan pengolahan data, baik berupa angka, atau gabungan angka dan kata.

Contoh aplikasi: Microsoft Access, dBase, Foxbase, Foxpro, Clipper, Paradox dan lain sebagainya.

- Multimedia.

Software ini digunakan untuk memutar musik, menonton film, yang menampilkan gambar maupun audio.

Contoh aplikasi: Winamp, Audio Pro, RealPlayer, Xing, Jet Audio, dan masih banyak lagi.

- Komunikasi dan internet.

Software aplikasi untuk komunikasi dan internet bisa menghubungkan banyak orang dalam jangkauan. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan contohnya ada Internet Explorer, Google Chrome, Opera, MIRC, ICQ, dan lain-lain.

- Antivirus.

Seperti namanya software ini berfungsi untuk membasmi virus dari perangkat penyimpan komputer. Sebab virus bisa merusak data atau program tertentu dalam komputer.

Contoh aplikasi: Avira, SMADAV, Mcafee, Norton Antivirus, Panda, dan lainnya.

- Pendidikan dan game.

Software ini secara khusus digunakan untuk membantu memahami pelajaran yang dikemas dalam bentuk game agar tidak membosankan,

Contoh aplikasi: PC Globe, Bodyworks, Science Adventure, Reader Rabbit, dan lain-lain.

-3. Brainware.

foto: freepik.com

Istilah brainware memang tak terlalu familiar seperti software dan hardware, namun brainware adalah komponen yang penting lho. Sebenarnya brainware adalah sebutan untuk manusia yang memakai, menggunakan atau mengoperasikan komputer. Tanpa adanya pengguna, komputer tentu saja tidak akan pernah bisa dijalankan.

Beberapa contoh brainware antara lain:

- Programer, yakni orang yang membuat dan mempersiapkan program-program yang diperlukan dalam komputer.

- Administrator, yakni orang yang bertugas untuk mengelola sistem operasi dan program yang berjalan pada jaringan komputer.

- Operator, yaitu orang yang bertugas melayani dan menjalankan sistem yang berhubungan dengan perangkat komputer.

(brl/gib)

Recommended By Editor

  • Mengenal "shadow ban" TikTok, penyebab hilangnya followers & views
  • Ini dia pengertian perangkat lunak menurut para ahli
  • Macam-macam router lengkap dengan fungsi dan kegunaannya.
  • 5 Rahasia foto portrait jadi lebih estetik, pemula langsung jago
  • 10 Macam software aplikasi yang dapat mempermudah pekerjaanmu
  • Macam-macam software aplikasi lengkap dengan fungsinya
  • 5 Rahasia foto portrait jadi lebih estetik, pemula langsung jago
  • 13 Potret laboratorium komputer dari masa ke masa, semakin minimalis

(brl/gib)

Apa perbedaan antara software dan hardware?

Software adalah seperangkat instruksi, data atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas-tugas tertentu. Kebalikan dari hardware, yang menggambarkan aspek fisik komputer.

Apa itu hardware software brainware brainware?

Apa pengertian Hardware, Software dan Brainware? (1) Hardware adalah perangkat keras yang berupa komponen fisik dari sistem komputer. (2) Software disebut sebagai program-program yang ada di dalam komputer. (3) Sedangkan Brainware adalah pengguna atau user yang menggunakan dan mengoperasikan komputer.

Apa hubungan antara hardware software dan brainware?

software, hardware dan brainware memiliki hubungan yang saling terkait untuk menciptakan komputer yg berguna. hardware tidak akan berguna tanpa software, dan software tidak akan berjalan tanpa brainware.

Sebutkan dan jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem komputer?

Sistem Komputer adalah ​​ kumpulan perangkat-perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data, sehingga dapat​​ menghasilkan informasi yang diharapkan oleh penggunanya.