Berikut ini yang bukan ciri khas isi teks persuasif adalah

Ilustrasi Menulis Puisi. ©2019 Merdeka.com

JABAR | 7 Juli 2022 20:00 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Sadar atau tidak, Anda mungkin sering menemui bentuk teks persuasif dalam kehidupan sehari-hari. Iklan atau imbauan yang Anda dengar dan lihat sebenarnya adalah bentuk teks persuasif yang berusaha membujuk orang lain.

Pengertian teks persuasif memang bisa diartikan sebagai teks ajakan, bujukan, imbauan, perintah, larangan, atau arahan pada seseorang sesuai dengan tujuan yang ada pada teks tersebut. Itulah kenapa kita sering melihat adanya kalimat berupa ajakan atau bujukan pada iklan.

Teks persuasif memiliki tujuan untuk membujuk atau mengajak pembaca untuk mengikuti seperti yang ada pada teks. Oleh karena itu, teks persuasif harus bisa meyakinkan pembaca untuk setuju dengan teks dan mengambil tindakan sesuai dengan arahan teks.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang teks persuasif, berikut kami sampaikan pengertian teks persuasif beserta ciri dan strukturnya.

2 dari 5 halaman

Pengertian teks persuasif adalah bentuk tulisan nonfiksi yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca tentang sudut pandang tertentu. Iklan adalah salah satu contoh gambaran dari pengertian teks persuasif yang baik.

Kemendikbud menjelaskan pengertian teks persuasif sebagai teks yang berisi ajakan atau bujukan. Secara tidak langsung, teks jenis ini berusaha menyampaikan ajakan kepada pembaca dan pendengar.

Sedangkan pengertian teks persuasif menurut Keraf (2006) adalah suatu seni verbal yang memiliki tujuan untuk meyakinkan seseorang agar melakukan sesuatu yang dikehendaki oleh pembicara atau penulis di waktu saat ini atau pada waktu yang akan datang.

Tujuan Teks Persuasif

Dilihat dari beberapa pengertian teks persuasif sebelumnya, maka tujuan dari teks persuasif ini bisa dikatakan untuk membangkitkan ketertarikan pembaca untuk meyakini dan menuruti imbauan implisit maupun eksplisit yang ditulis oleh penulis.

Imbauan implisit merupakan ajakan yang dilakukan secara tersirat, secara halus, dan tidak dinyatakan secara terang-terangan. Sedangkan imbauan eksplisit adalah ajakan yang dilakukan secara gamblang, tegas, dan terus terang, sehingga orang akan dengan mudah menangkap maksudnya.

3 dari 5 halaman

Anda bisa mengenali teks persuasif dengan melihat ciri-cirinya, antara lain:

Mengandung data dan fakta

Tujuan dari teks persuasif adalah untuk memengaruhi atau membujuk para pembaca. Oleh karena itu, di dalam teks persuasif harus ada alasan kuat yang disertai dengan data dan fakta yang mendukung.

Meyakinkan pembaca

Selanjutnya, teks persuasif juga bertujuan untuk meyakinkan pembaca. Melalui teks persuasif, penulis berusaha meyakinkan pembaca untuk memercayai apa yang ditulis oleh penulis.

Berisi ajakan

Ciri-ciri teks persuasif berikutnya yaitu berisi kata-kata ajakan. Anda dapat mengenali teks persuasif dengan mudah karena biasanya teks persuasif menggunakan kata-kata ajakan seperti ayo, mari, lakukanlah, dan lain-lain.

Menghindari konflik

Biasanya teks persuasif akan menghindari konflik untuk menjaga kepercayaan pembaca agar tidak hilang, dan juga agar kesepakatan pendapat antara penulis dan pembaca tercapai. Pendapat atau fakta yang digunakan dalam teks persuasif bertujuan untuk memengaruhi pembaca supaya mengikuti ajakan-ajakannya.

4 dari 5 halaman

Dikutip dari situs resmi pembelajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, struktur dari teks persuasif antara lain adalah:

Pengenalan isu

Penulis memberikan pengantar tentang masalah yang menjadi dasar dari tulisan atau topik pembicaraannya.

Pemaparan argumen

Setelah menjelaskan tentang isu yang akan dibicarakan, penulis akan memberikan beberapa argumen yang berkaitan dengan isu tersebut. Untuk meyakinkan para pembaca, perkuat argumen dengan menggunakan data dan fakta agar pembaca semakin mempercayai apa yang Anda tulis.

Pernyataan ajakan

Bagian ini merupakan inti teks persuasif yang di dalamnya terdapat ajakan atau dorongan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu. Pernyataan ini dapat disampaikan secara langsung (tersurat) atau pun secara tidak langsung (tersirat). Dalam bagian ini, gunakan kata-kata yang dapat memengaruhi pembaca agar mereka mau mengikuti ajakan Anda.

Penegasan kembali

Setelah mengajak, mengimbau, membujuk, atau melarang, penulis akan menegaskan kembali atas pernyataan sebelumnya di bagian ini. Biasanya, bagian ini akan ditemukan kata-kata seperti demikianlah, dengan demikian, oleh karena itu, dan semacamnya. Kehadiran argumen berfungsi untuk mengarahkan dan memperkuat ajakan-ajakan itu.

5 dari 5 halaman

Saat ini persaingan di dunia kerja semakin ketat. Sistem ketenagakerjaan menuntut sumber daya manusia yang ada dengan lulusan dan prestasi terbaik. Sebagai pelajar, kita harus mempersiapkan diri sejak dini. Ayo kita berlomba-lomba meningkatkan prestasi.

Prestasi akademik tentu baik. Namun prestasi tidak dibatasi hanya dari nilai dalam rapor saja. Kita bisa berprestasi di bidang olahraga, kesenian, sastra, dan teknologi. Tidak perlu kecil hati karena setiap pelajar memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Kita hanya perlu menggali dan mengembangkan kelebihan kita.

Maka dari itu, ayo kembangkan prestasimu. Ikuti lomba-lomba di bidang yang kamu minati. Bergabung dalam pelatihan dan kegiatan yang dapat menunjang prestasimu. Mari meraih masa depan dengan persaingan yang sehat.

Contoh Teks Persuasif 2

Hutan merupakan paru-paru dunia yang harus kita jaga. Luas hutan di Indonesia semakin hari makin sempit akibat aktivitas industri. Seperti yang terjadi di Papua, perusahaan membakar hutan demi membuka lahan sawit. Sementara itu keberadaan dan keberlangsungan hidup masyarakat adat semakin terancam.

Negara memiliki kewajiban untuk melindungi warganya. Bila membiarkan perusahaan semakin merajalela, sementara masyarakat menderita, maka ada yang salah. Bagi masyarakat adat, hutan adalah sumber kehidupan. Mereka mendapat sumber makanan dari hutan, sehingga mereka menjaganya dan memperlakukan alam dengan hormat. Pembakaran hutan sama dengan pemusnahan sumber kehidupan masyarakat adat.

Maka, sebaiknya pemerintah tegas dalam menindak perusahaan perusak lingkungan. Sesuai dengan amanat konstitusi, negara wajib melindungi seluruh bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Bukan hanya berpihak pada perusahaan. Ayo suarakan keberpihakan kita pada masyarakat adat. Menyelamatkan bumi sama dengan menyelamatkan nyawa manusia. Selamatkan hutan!

(mdk/ank)

Contoh Teks Persuasi – Kamu tentu sudah sering mendengar tentang istilah teks persuasi atau kalimat persuasi. Biasanya, materi ini disampaikan di bangku sekolah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ketika kamu ingin mengingat kembali apa itu Teks Persuasi, maka kamu dapat menyimak beberapa informasi berikut beserta contoh teks persuasi.

Apa itu Teks Persuasi?

Persuasif adalah sebuah kata yang memiliki makna mengajak, membujuk atau menyuruh. Teks persuasi berarti teks yang berisi tentang ajakan atau perintah pada seseorang untuk melakukan hal yang dituliskan pada teks. Agar dapat mengajak atau menyuruh, tentunya diperlukan kalimat atau kata yang dapat mempengaruhi pembaca.

Biasanya kata-kata pendukung yang dapat mendukung teks persuasif, maka pembaca tidak akan ragu untuk melakukan apa yang diperintahkan pada teks. Agar lebih jelas, maka kamu dapat melihat contoh teks persuasi.

Teks persuasi memilii beberapa fungsi diantaranya sebagai perintah, bujukan atau ajakan agar pembaca melakukan hal yang diinstruksikan pada teks. Selain itu, teks persuasi juga memiliki fungsi untuk meyakinkan dengan didukung data akurat. Teks persuasi juga dapat digunakan sebagai promosi agar konsumen dapat melakukan pembelian suatu produk.

Ciri Teks Persuasi

Sebelum kamu menulis teks persuasi, maka kamu dapat terlebih dahulu mengetahui ciri-ciri teks persuasi. Berikut beberapa karakteristik dari teks persuasi beserta kaidah dalam penulisan teks persuasi.

  • Teks persuasi merupakan kalimat ajakan dengan tujuan untuk mempengaruhi pembaca untuk melakukan hal yang dituliskan pada teks.
  • Menggunakan kata-kata yang dapat meyakinkan pembaca, biasanya didukung juga dengan data yang akurat.
  • Biasanya menggunakan tanda baca seru (!) karena identik dengan perintah yang harus dilaksanakan oleh pembaca.
  • Menggunakan bahasa yang dapat menarik pembaca dengan kata-kata yang mudah diingat.

Contoh Teks Persuasif untuk Berbagai Kebutuhan

Penggunaan teks pesuasif tentunya disesuaikan dengan berbagai kebutuhan pembuatannya. Untuk itu, kamu perlu melihat beberapa contoh teks persuasif berikut ini.

Contoh Teks Persuasif dengan Tema Kesehatan

Tahukan kamu bahwa tubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral? Ya, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh, agar tetap sehat. Banyak sekali makanan yang mengandung gizi, mulai dari buah, daging, susu, kacang-kacangan dan sayuran. Menerapkan pola hidup sehat bukan hal yang sulit, karena semua makanan yang bergizi dapat dijumpai dengan mudah disekitar kita.

Ketika kebutuhan vitamin dan mineral tubuh tercukupi, maka tubuh akan menjadi sehat dan tidak mudah terkana penyakit. Hal itu berlaku sebaliknya, apabila enggan mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan mineral, maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan yang mengandung vitamin dan mineral, serta nutrisi lainya. Selain makanan, kita juga harus mengimbanginya dengan olahraga yang teratur.

Contoh Teks Persuasif Iklan atau Advertensi

Susu merupakan salah satu minuman dengan berbagai kandungan yang baik untuk tubuh. Banyak kalsium dan protein yang terkandung pada susu dan memberikan manfaat untuk kesehatan tulan dan gigi.

Agar dapat memenuhi kebutuhan tubuh, baiknya susu dikonsumsi 2 gelas dalam sehari. Dengan begitu, tubuh akan lebih sehat dan kuat. Ada baiknya untuk rutin mengkonsumsi susu di pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Susu Milky Moo merupakan salah satu produk susu terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi yang tetap terjaga pada Susu Milky Moo membuat tubuh anda tetap sehat dan kuat. Ayo, sehatkan tubuh anda dan keluarga dengan Susu Milky Moo.

Contoh Teks Pidato Persuasif Beserta Strukturnya

Pembukaan

Pendidikan menjadi garda terdepan suatu bangsa. Hal itu membuat pendidikan tidak pernah lepas dari kunci sukses setiap orang. Olehkarenanya, izinkan saya untuk menggalakkan semangat pendidikan dalam kesempatan kali ini.

Isi

a. Pernyataan Posisi

Pendidikan adalah bidang yang seluruh masyarakat tempuh untuk membuka wawasan. Semua lini masyarakat pasti pernah terkait dengan pendidikan, baik sebagai peserta didik maupun sebagai pihak penyelenggara pendidikan. Semua orang memiliki kesetaraandi mata pendidikan, seluruh rakyat padu ekosistem pendidikan sepanjang hayat. Siapapun harus menjadi penggerak pendidikan baik untuk skala kecil maupun besar kapanpun dan dimanapun.

b. Tahap Argumen

Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan dengan melihat pada kenyataan dari perkembangan sumber daya manusia merupakan faktor terbesar dalam meraih kesuksesan. Semakin banyak orang yang sukses maka ekonomi bangsa akan menjadi lebih baik. Berbagai sektor dapat dikelola dengan baik ketika memiliki ilmu yang diperoleh dari pendidikan.

Pendidikan akan membawa pada kehidupan yang lebih baik. Contoh nyatanya dapat dilihat di Negeri Jepang. Negara tersebut dapat berdiri kembali dengan cepat setelah kehancurannya saat bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki.

Sektor pendidikan adalah satu di antara hal utama yang diperhatikan Jepang pasca bencana kemanusiaan tersebut. Hal itu membuat Jepang dapat bangkit menjadi negara dengan perekonomian yang kuat di dunia walaupun kalah dalam perang dunia kedua.

c. Penguatan Pernyataan Posisi

Contoh tersebut hanyalah salah satu dari ribuan bahkan jutaan kesukesan yang diawali dari terselenggaranya pendidikan dengan baik. Segala segi kehidupan di dunia ini tidak pernah terlepas dari pemaksimalan sistem pendidikannya. Pendidikan bukan hanya dari segi ilmu pengetahuannya saja, akan tetapi dari pendidikan karakter dan kemajuan mental masyarakat.

Penutup

Kiranya cukup jelas apa yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mari kita bersama-sama saling mengingatkan sembari mewujudkan pendidikan yang baik di Indonesia. Sekian dan terima kasih.

Itu dia beberapa contoh teks persuasi yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk membuat teks persuasi terbaik. Dengan memahami karakteristiknya maka kamu akan lebih mudah dalam menyusun teks persuasi.