Berikut ini yang termasuk gerak dasar servis atas dalam permainan bola voli adalah

Pengertian Servis pada Permainan Bola Voli Servis atas pada permainan bola voli adalah serangan awal atau permulaan permainan dimana pemain akan melakukan gerakan pertama untuk melakukan penyerangan. servis adalah tanda dimulainya permainan. Pada Prinsipnya servis pada permainan bola voli adalah bola menuju daerah lawan dan menyulitkan lawan.

Baca Juga: Teknik Dasar Passing Atas pada Permainan Bola Voli


Teknik Dasar Servis Atas pada Permainan Bola Voli Untuk mempelajari cara servis atau teknik dasar servis pada permainan bola voli dapat dilakukan dengan kegiatan-kegiatan latihan sebagai berikut :

A) Persiapan melakukan gerakan servis atas pada permainan bola voli:


  1. Berdiri tegak pandangan ke arah bola (depan).
  2. Kedua kaki sikap melangkah (kaki kiri di depan, kanan di belakang) dan siap untuk memukul bola.
  3. Tangan kiri memegang bola di depan badan.
B) Gerakan servis atas pada permainan bola voli:
  1. Lambungkan bola ke atas agak ke belakang ± 1 meter menggunakan tangan kiri. 
  2. Badan agak melenting ke belakang dan berat badan pada kaki belakang.
  3. Ayunkan tangan kanan bersamaan dengan gerakan badan ke depan.
  4. Bola dipukul menggunakan tangan kanan yang dibantu dengan mengaktifkan/melecutkan pergelangan tangan.
Baca Juga: Teknik Dasar passing Bawah Pada Permainan Bola Voli

C) Akhir gerakan servis atas pada permainan bola voli:


  1. Berat badan dibawa ke depan dengan melangkahkan kaki belakang (kanan) ke depan.
  2. Pandangan mengikuti arah gerakan bola.

Gerak Dasar Servis Atas (tenis servis) pada Permainan Bola Voli

Reviewed by Mujiono on 9:27 PM Rating: 5

Teknik Servis Atas Dalam Bola Voli (Sumber: Pixabay)

Servis atas dalam bola voli mungkin terlihat mudah. Namun, teknik ini sebenarnya cukup sulit karena membutuhkan fokus yang tinggi.

Seperti yang diketahui, permainan bola voli begitu diminati oleh berbagai kalangan. Olahraga ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu.

Awalnya, olahraga voli dinamakan dengan "Mintonette". Sebelumnya, bola voli merupakan modifikasi dari permainan basket. Namun, sang penemu menganggap bahwa bola basket terlalu berat untuk beberapa kalangan, terutama bagi yang berusia tua.

Seiring berjalannya waktu, olahraga ini populer dengan nama "Volley Ball" atau bola voli. Bola voli sendiri merupakan perpaduan dari basket, baseball, tenis, dan bola tangan untuk membuat permainan yang minim kontak fisik.

Mengutip dari Better at Volleyball, berikut ini adalah penjelasan mengenai teknik servis dalam olahraga voli:

Servis dalam Permainan Bola Voli

Ilustrasi permainan bola voli. (Pexels/Mauricio Mascaro)

Saat memainkan olahraga voli, para pemain dituntut untuk menguasai beberapa teknik dasar. Beberapa teknik dasar tersebut adalah passing dan servis.

Terdapat dua teknik passing dalam permainan bola voli, yaitu passing bawah dan passing atas. Keduanya digunakan dalam kondisi dan tujuan yang berbeda. Passing mesti dikuasai dengan baik oleh para pemain agar bisa menyerang lawan dengan apik.

Servis merupakan pukulan bola ke area lapangan lawan yang dilakukan ketika awal permainan. Servis menjadi serangan untuk menghentikan dan membuka pertahanan lawan.

Ada dua teknik servis dalam olahraga bola voli, yakni servis atas dan servis bawah. Namun, Info Sport akan membahas teknik servis atas bola voli lebih spesifik.

Servis atas dalam bola voli disebut dengan overhead serve. Teknik ini sulit dilakukan saat menentukan arah dan kecepatan agar bisa mengelabui lawan.

Pengertian Servis Atas dalam Bola Voli

Servis Atas Dalam Bola Voli (Sumber: Flickr)

Teknik dasar servis atas dalam bola voli dilakukan dengan memegang bola melalui tangan kiri dan tangan kanan yang siap memukul.

Kemudian, lambungkan bola dengan tangan kiri melewati atas kepala dan pukul dengan telapak tangan sekeras-kerasnya agar dapat melewati net.

Lalu, bagaimana cara melakukan servis atas dalam bola voli? Berikut ini adalah caranya:

  1. Mengambil posisi di belakang garis lapangan atau area yang digunakan untuk servis.

  2. Teknik servis atas dalam bola voli harus dilakukan pemain dengan posisi yang kokoh.

  3. Lempar bola ke atas dan sedikit ke depan menggunakan tangan kiri, kemudian fokus pada bola.

  4. Ayunkan lengan kanan dari belakang ke atas, lalu maju untuk memukul bola menggunakan telapak tangan. Gerakan ini juga bisa dilakukan dengan lompatan kecil atau disebut jumping service. Posisi tangan kanan dan kiri dapat diubah jika ada pemain yang kidal.

  5. Pastikan bola mampu terbang melewati net dan jatuh ke lapangan lawan.

Keuntungan dari teknik servis atas ini adalah bola servis dapat diluncurkan lebih kuat dibanding teknik servis yang lebih rendah. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah potensi bola keluar dari area lapang dan bisa saja menjadi poin bagi tim lawan.

Itulah penjelasan soal servis atas dalam bola voli yang perlu kamu kuasai. Dengan menguasai teknik tersebut, kamu dapat memainkan bola voli secara benar.