Cara menghitung t hitung dengan excel

Kehadiran Microsoft Excel membantu mempermudah pekerjaan harian, terlebih bagi mereka yang bekerja di bidang keuangan. Pasalnya dengan satu software saja, siapa pun dapat melakukan perhitungan statistika, aritmatika, hingga membuat catatan keuangan. Namun selain itu, pengguna juga bisa mengetahui cara mencari T tabel pada Excel.

Table of Contents Show

  • 1. Pengertian T Tabel
  • 2. Cara Mencari T Tabel dan F Tabel
  • Rumus Excel untuk mencari T tabel
  • Rumus Excel untuk mencari F tabel
  • 3. Cara Menghitung P Value dengan Excel
  • Mencari Nilai T tabel di excel
  • Mencari Nilai F tabel di excel
  • Apa itu t test dalam statistik?
  • Akar di excel apa?
  • Apa itu uji t test two sample assuming equal variances?
  • Apa itu t test Paired Two Sample for Means?

T tabel mungkin masih terdengar asing oleh orang awam. Bagan ini kerap digunakan untuk mengetahui apakah variabel data saling berhubungan atau tidak, dan kerap dimanfaatkan untuk menarik kesimpulan dari suatu data. Namun tak perlu khawatir, karena menghitung tabel T dapat dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Pengertian T Tabel

Merupakan jenis bagan distribusi yang dimanfaatkan ketika menggunakan statistik uji T sebagai bahan perbandingan. Pemakaiannya pun cukup bervariasi mulai dari untuk menentukan hipotesis, hingga digunakan untuk objek studi berpasangan dan tidak berpasangan.

Dalam statistik hitung, perhitungan dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Namun dalam statistik uji, dibutuhkan bagan distribusi yang bergantung pada jenis statistik yang akan digunakan.

Baca Juga : Cara Mengambil Data Absen Dari Fingerprint Solution Dengan Flashdisk

2. Cara Mencari T Tabel dan F Tabel

  • Rumus Excel untuk mencari T tabel

Ketika mencari nilai T tabel secara manual, umumnya menggunakan nilai probabilitas yang ditentukan oleh pengguna serta nilai derajat kebabasan atau dk. Untuk pengujian hipotesis model regresi, derajat bebas dapat ditentukan dengan rumus n – k. “n” adalah banyaknya observasi, sedangkan “k” merupakan banyaknya variabel baik bebas dan terikat.

Pada Excel, rumus yang digunakan adalah =TINV(probability;deg_freedom). Probabilitas yang digunakan umumnya 0,05. deg_freedom yang merupakan derajat kebabasan.

Contohnya mencari nilai T tabel dengan nilai probability 0,05 derajat kebebasan 150, hasil yang didapatkan untuk nilai probabilitas 5% serta dk 150 adalah 1,975.

Baca Juga:

  • Rumus Excel untuk mencari F tabel

Selain itu, pengguna juga dapat mencari rumus F tabel di Excel. F tabel sendiri adalah nilai tertentu yang digunakan untuk pembanding, apakah suatu pengujian dengan f hitung terbilang signifikan atau tidak.

Tak jauh berbeda dengan cara mencari nilai T, untuk dapat mencari nilai ini diperlukan probabilitas dan nilai derajat kebebasan atau DF dari pembilang dan penyebut. Untuk dapat menentukan df1 dan df2, berikut rumusnya.

df1 = k – 1

df2 = n – k

“k” merupakan jumlah variabel baik bebas dan terikat, sedangkan “n” adalah jumlah sampel atau observasi pembentuk regresi. Pada Microsoft Excel, rumus yang digunakan adalah:

=FINV (deg_freedom1; deg_freedom2)

Untuk dapat menggunakan rumus ini, caranya Anda hanya perlu mengarahkan pointer atau kursor di sel yang diminta mengeluarkan nilai atau hasil. Ketikkan rumus, dan tekan enter untuk mendapatkan hasil.

Perlu diperhatikan pada formula Excel di atas contohnya =FINV(0,01;6;21), tanda koma dapat disesuaikan dengan format komputer Anda. Pasalnya terdapat pula komputer yang menggunakan titik (.) sebagai koma (,), seperti 0,5 diketik 0.5 sesuai dengan format internasional.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tanda titik koma (;) sebagai pemisah antara probabilitas dengan deg_freedom. Karena tak jarang terdapat beberapa komputer yang justru menggunakan koma (,) sebagai tanda pemisah. Sehingga rumus di atas disesuaikan dengan format komputer masing-masing.

3. Cara Menghitung P Value dengan Excel

Menghitung P value umumnya berdasarkan dengan perhitungan T value-nye. Formula untuk mencari nilai P adalah TDIST(cell t-value, df, tailed). Contohnya TDIST (G7,129,2), “G7” merupakan cell kolom T value, “129” merupakan df, sementara “2” merupakan 2-tailed.

Baca Juga :

Itulah cara mencari T tabel pada Excel, sehingga pekerjaan pun dapat dilakukan dengan lebih cepat, mudah, serta akurat. Semoga bermanfaat!

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai Membaca dan Menggunakan Tabel Distribusi F dan Tabel Distribusi t. Tabel F dan Tabel T adalah tabel statistik yang nilai di dalamnya digunakan sebagai nilai pembanding dengan F Hitung dan T hitung dalam analisis-analisis varians. Selain melihat tabel yang sudah disediakan (Tabel t dan F bisa download disini) nilai tabel F atau T tabel juga dapat kita buat dengan mengguakan excel.

Mencari Nilai T tabel di excel

Untuk memperoleh nilai t-tabel di Excel tentunya sudah harus paham bahwa yang diperlukan untuk memperoleh nilai t-tabel secara manual adalah nilai probabilitas yang ditentukan oleh peneliti/pengguna dan nilai derajat kebebasan (dk). Dalam pengujian hipotesis untuk model regresi, derajat bebas ditentukan dengan rumus n – k.

Dimana

n = banyak observasi sedangkan

k = banyaknya variabel (bebas dan terikat). (Catatan: untuk pengujian lain misalnya uji hipotesis rata-rata dllnya rumus ini bisa berbeda). 

Pada Microsoft Excel, formula yang digunakan berbentuk sebagai berikut:

=TINV(probability;deg_freedom)

probability yang dipakai biasanya 0,05. deg_freedom merupakan drajat kebebasan

Contoh, kita akan mencari nilai t tabel dengan probability 0,05 dan drajat kebebasan 150

maka hasil nilai t tabel yang didapat untuk nilai probability 5% dan DK 150 adalah 1,975

Mencari Nilai F tabel di excel

Hampir sama dengan mencari nilai t-tabel, untuk nilai f-tabel yang diperlukan adalah probabilitas serta nilai derajat kebebasan (DF) dari penyebut dan pembilang.

Bagaimana menentukan df1 (N1) dan df2 (N2) tersebut ?

Rumusnya:

df1 = k -1

df2 = n – k

dimana k adalah jumlah variabel (bebas + terikat) dan n adalah jumlah observasi/sampel pembentuk regresi. Misalnya kita punya persamaan regresi dengan dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Jumlah sampel pembentuk regresi tersebut sebanyak 37. Maka df1= k-1 = 3 – 1 = 2 sedangkan df2 = n – k = 37 – 3 = 34

Pada Microsoft Excel, formula yang digunakan berbentuk sebagai berikut:

=FINV (deg_freedom1; deg_freedom2)

maka hasil nilai F tabel yang didapat untuk nilai probability 5% dan DF1=2 dan DF2 = 34 adalah 3,275

Note : Perhatikan pada formula =FINV(0,01;6;21) serta kode yang serupa sebelumnya, tanda koma (,) yang digunakan harus di sesuaikan dengan format yang digunakan pada komputer sobat, ada pula komputer yang menggunakan titik (.) sebagai koma, misal 0,5 ditulis 0.5 (format internasional).

Selain itu perhatikan pula titik koma (;) yang digunakan sebagai pemisah antara probability dengan deg_freedom. Ada pula komputer yang menggunakan koma (,) sebagai pemisah. Intinya perhatikan tanda yang digunakan pada komputer yang sobat gunakan.

Semoga bermanfaat

Apa itu t test dalam statistik?

Uji-T atau T-Test merupakan salah satu jenis uji statistik parametrik yang digunakan untuk menguji signifikansi dan relevansi dalam satu atau dua kelompok sampel. Uji t pertama kali dikembangkan oleh William Seely Gosset pada 1915.

Akar di excel apa?

Fungsi SQRT adalah “=SQRT(nomor sel)”, yang artinya hitung akar kuadrat dari data pada nomor sel. Inilah langkah-langkah yang harus diikuti, yaitu. - Bukalah lembar kerja Microsoft Excel. - Lalu, sorotlah salah satu sel yang ingin dicari nilainya. - Kemudian, ketiklah fungsi SQRT dan isi dengan nomor sel, misalnya B2.

Apa itu uji t test two sample assuming equal variances?

Uji T-test yang digunakan adalah: 1. T-test: Two-sample Assuming Equal Variances, yaitu uji t-test yang digunakan untuk menguji perbedaan rata-rata (mean) 2 variabel dari sampel yang berbeda dengan mengasumsikan kedua sampel tersebut memiliki varians yang sama.

Apa itu t test Paired Two Sample for Means?

t-Test: Paired Two Sampel for Means Analisis ini alat dan formula yang melakukan t mahasiswa dua sampel berpasangan's-test untuk menentukan apakah mean suatu sampel yang berbeda. Bentuk t-test tidak berasumsi bahwa kedua varians populasi adalah sama.

Bagaimana uji t?

Uji T (Test T) adalah salah satu test statistik yang dipergunakan untuk menguji kebenaran atau kepalsuan hipotesis yang menyatakan bahwa diantara dua buah mean sampel yang diambil secara random dari populasi yang sama, tidak terdapat perbedaan yang signifikan (Sudjiono, 2010).

Apakah fungsi t test two

t-Test: Two-Sample Assuming Unequal Variances Tool ini berguna untuk menguji kesamaan rerata dua buah populasi dengan uji-t student, dengan asumsi varians kedua populasi tidak sama – dikenal dengan uji-t heteroskedastik. Uji ini digunakan misalnya, apabila kedua sampel berasal dari dua kelompok yang berlainan.

Akar di excel apa?

Kamu hanya perlu memasukkan rumus SQRT dengan angka-angka yang akan kamu hitung, maka kamu akan menemukan hasilnya segera. =SQRT(angka yang ingin diakar kuadratkan).

Apa itu uji t test two

Analisis Data Uji T-test yang digunakan adalah: 1. T-test: Two-sample Assuming Equal Variances, yaitu uji t-test yang digunakan untuk menguji perbedaan rata-rata (mean) 2 variabel dari sampel yang berbeda dengan mengasumsikan kedua sampel tersebut memiliki varians yang sama.