Di antara zat makanan berikut yang menghasilkan energi dalam jumlah paling besar adalah

Klik Untuk Melihat Jawaban


#Jawaban di bawah ini, bisa saja tidak akurat dikarenakan si penjawab mungkin bukan ahli dalam pertanyaan tersebut. Pastikan mencari jawaban lain dari berbagai sumber terpercaya, sebelum mengklaim jawaban tersebut adalah benar. Semangat Belajar..#


Dijawab oleh ### Pada Tue, 26 Jul 2022 08:35:22 +0700 dengan Kategori Biologi dan Sudah Dilihat ### kali

Jawaban:

Lemak.

Penjelasan:

Kalori adalah takaran energi dalam makanan.Semakin banyak nilai kalori,semakin banyak energi yang di dapatkan oleh tubuh

Jawaban:

LEMAK

Pembahasan:

Katabolisme adalah cara tubuh memperoleh energi dengan cara memecah senyawa organik yang sifatnya kompleks menjadi senyawa anorganik yang sifatnya lebih sederhana. Energi yang dihasilkan juga diubah menjadi ATP (Adenosin triPhospat)  supaya dapat digunakan secara langsung oleh sel.

  • Proses katabolisme karbohidrat dan protein menghasilkan 36 ATP
  • Proses katabolisme lemak menghasilkan 44 ATP

Kalori adalah takaran energi dalam makanan. Semakin banyak nilai kalori, semakin banyak energi yang didapatkan oleh tubuh. Apabila jumlah asupan kalori lebih besar daripada energi yang dikeluarkan maka akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak (cadangan energi). Namun jika terus menerus, maka akan menyebabkan penyakit sepertipenyakit  jantung dan pembuluh darah.

  • Nilai kalori dari 1 gram karbohidrat mengandung 4 kalori
  • Nilai kalori dari 1 gram protein mengandung 4 kalori
  • Nilai kalori dari 1 gram lemak mengandung 9 kalori,

Dari pernyataan diatas, dapat disimpulkan bahwa zat makanan yang menghasilkan energi dalam jumlah terbesar adalah Lemak.

sekian semoga bermanfaat kakak^^

jangan lupa tambahkan jawaban terbaik:)

semangat belajar...luv u :3

Baca Juga: Bagaimana kaitan antara sumber daya alam dengan kehidupan masyarakat banyuwangi? Jelaskan ​


uv.dhafi.link/jawab Merupakan Website Kesimpulan dari forum tanya jawab online dengan pembahasan seputar pendidikan di indonesia secara umum. website ini gratis 100% tidak dipungut biaya sepeserpun untuk para pelajar di seluruh indonesia. saya harap pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi para pelajar yang sedang mencari jawaban dari segala soal di sekolah. Terima Kasih Telah Berkunjung, Semoga sehat selalu.

Dhafi Jawab

Cari Jawaban dari Soal Pertanyaan mu, Dengan Mudah di jwb29.dhafi.link Dengan Sangat Akurat. >>



Klik Disini Untuk Melihat Jawaban


#Jawaban di bawah ini, bisa saja salah karena si penjawab bisa saja bukan ahli dalam pertanyaan tersebut. Pastikan mencari jawaban dari berbagai sumber terpercaya, sebelum mengklaim jawaban tersebut adalah benar. Selamat Belajar..#


Answered by ### on Tue, 26 Jul 2022 08:35:24 +0700 with category Biologi

Penjelasan:

Jawab :

Energi kimia.

Kandungan energi pada zat makanan :

Karbohidrat = 4 kalori/gram

Protein = 4 kalori/gram

Lemak = 9 kalori/gram

Vitamin = 0 kalori/gram

Jadi zat makanan berikut yang menghasilkan energi dalam jumlah besar adalah lemak

Jawaban:

lemak

Penjelasan:

jadikan jawaban terbaik yah^^

Baca Juga: Tuliskan tujuan utama teks laporan percobaan?


jwb29.dhafi.link Merupakan Website Kesimpulan dari forum tanya jawab online dengan pembahasan seputar pendidikan di indonesia secara umum. website ini gratis 100% tidak dipungut biaya sepeserpun untuk para pelajar di seluruh indonesia. saya harap pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi para pelajar yang sedang mencari jawaban dari segala soal di sekolah. Terima Kasih Telah Berkunjung, Semoga sehat selalu.

Soal

7th-9th gradeIlmu Pengetahuan Alam

Jawaban

saya minta tolong itu kak

Masih ada yang tidak dimengerti?Bertanya kepada Guru QANDA

Jawaban:

LEMAK

Pembahasan:

Katabolisme adalah cara tubuh memperoleh energi dengan cara memecah senyawa organik yang sifatnya kompleks menjadi senyawa anorganik yang sifatnya lebih sederhana. Energi yang dihasilkan juga diubah menjadi ATP [Adenosin triPhospat]  supaya dapat digunakan secara langsung oleh sel.

  • Proses katabolisme karbohidrat dan protein menghasilkan 36 ATP
  • Proses katabolisme lemak menghasilkan 44 ATP

Kalori adalah takaran energi dalam makanan. Semakin banyak nilai kalori, semakin banyak energi yang didapatkan oleh tubuh. Apabila jumlah asupan kalori lebih besar daripada energi yang dikeluarkan maka akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak [cadangan energi]. Namun jika terus menerus, maka akan menyebabkan penyakit sepertipenyakit  jantung dan pembuluh darah.

  • Nilai kalori dari 1 gram karbohidrat mengandung 4 kalori
  • Nilai kalori dari 1 gram protein mengandung 4 kalori
  • Nilai kalori dari 1 gram lemak mengandung 9 kalori,

Dari pernyataan diatas, dapat disimpulkan bahwa zat makanan yang menghasilkan energi dalam jumlah terbesar adalah Lemak.

sekian semoga bermanfaat kakak^^

jangan lupa tambahkan jawaban terbaik:]

semangat belajar...luv u :3

pake dik + dit + cara nya​

pake dik + dit + cara nya​

Besar gaya F yang digunakan untuk mengangkat beban B adalah .... A. X/y B B. Y/x B C. XY B D. [Y - X] B

penemu teleskop yang pertama adalaha.albert Einsteinb.newtonc.galileo Galileid William Herschel ​

sebuah kolom udara memiliki panjang 50 cm. Jika garpu tala memiliki frekuensi 440 hz, berapakah cepat rambat gelombang bunyi di udara pada saat terjad … i resonansi kedua?​

siapapun tolong dong ​

jika frekuensi gelombang tersebut 5 hz berapakah A=Cepat rambat gelombang B=Periode Gelombang​

Di depan lensa cembung dengan fokus 3 cm terdapat benda sehingga bayangan yang terbentuk tiga kali bendanya . Tentukan jarak benda Terhadap lensa jika … : a. Bayangan nyata ? b. Bayangan maya ?

Sebuah benda berada di depan lensa cembung dan terbentuk bayangan sejati yang besarnya empat kali lipat bendanya . Hitung jarak benda dari lensa !

jika frekuensi gelombang tersebut 5 hz berapakah A=Cepat rambat gelombang B=Periode Gelombang mohon di bantu​

6. Perhatikan gambar alat hidrolik berikut. IF, 300 A = 25 cm A2 = 100 cm F A 2. Agar alat hidrolik tetap seimbang, gaya yang diberikan oleh F, adalah … ... a. 0,75 N c. 75 N b. 8,3 N d. 83 N​

apa yang dimaksud dengan emisi daun ?​

bantu dong ka bantu dong ka bantu dong ka bantu dong ka bantu dong ka bantu dong ka bantu dong ka mau buat besok hehemakasih yang udah bantu❤️​

Kenaikan karbon dioksida yang disebabkan oleh adanya pembakaran bahan bakar minyak, batu bara serta bahan bakar organik lainnya dpt mengakibatkan adan … ya​

3. Menuliskan tentang orgam pernapasan baik fungsi maupun letaknya:a. Hidungb. FaringC. Laringd. Trakeae. Brokusf. Bronkiolusg. Paru-paruh. Alveolus​

tolong jawab besok udah di kumpulin​

Perhatikan gambar patahan San Andreas berikut ini patahan tersebut terjadi dikarenakan a. lempeng Pasifik dan lempeng Amerika Utara bergerak saling me … ndekat b. lempeng Pasifik bergerak ke atas dan lempeng Amerika Utara bergerak menjauhc. lempeng Pasifik dan lempeng Amerika Utara bergerak saling menjauh d. lempeng Pasifik bergerak ke atas dari lempeng Amerika Utara bergerak ke bawah​

tolong bantu ya ka buat besok makasih yang udah jawab ​

tolong dijawab semua ya kak​

data pada tabel yang sesuai untuk masing-masing jenis sel darah adalah.....​

Video yang berhubungan

Lihat Foto

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI

Zat makanan penghasil energi adalah karbohidrat, protein, dan lemak.

KOMPAS.com – Manusia memerlukan energi untuk dapat berbicara, bergerak, dan mempertahankan aktivitas tubuhnya. Manusia mendapatkan energi dari zat makanan yang dimetabolisme dalam tubuh.

Secara garis besar, zat makanan penghasil energi terbagi menjadi tiga jenis yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Ketiga zat makanan tersebut adalah makronutrien ataupun nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar.

Air juga merupakan zat yang diputuhkan tubuh dalam jumlah besar. Namun, tidak seperti karbohidrat, protein, dan lemak, air tidak menghasilkan energi bagi tubuh.

Baca juga: 9 Unsur Makronutrien pada Tumbuhan beserta Kegunaannya

Karbohidrat

Karbohidrat adalah zat makanan penghasil energi. Metabolisme karbohidrat menghasilkan 4 kalori untuk setiap gram yang dikonsumsi tubuh. Karbohidrat digolongkan menjadi dua jenis utama yaitu gula sederhana dan karbohidrat kompleks.

Contoh makanan tinggi karbohidrat adalah beras, gandung, oat, quinoa, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Zat makanan penghasil energi selanjutnya adalah protein. Protein menghasilkan jumlah energi yang sama dengan karbohidrat yairu sekitar 4 kalori untuk setiap gramnya.

Energi bukanlah produk utama dari metabolisme energi. Metabolisme energi memberikan asam amino esensial yang diperlukan untuk membangun jaringan, enzim, dan juga hormon dalam tubuh.

Baca juga: Apa Saja Fungsi Protein di dalam Tubuh?

Contoh makanan yang mengandung zat protein adalah berbagai jenis daging, ikan, telur, susu, produk olahan susu.

Lemak

Zat makanan pada metabolisme yang menghasilkan energi paling tinggi untuk satuan berat yang sama adalah lemak. Dilansir dari Food and Agriculture Organization of the United Nations, pembakaran atau metabolisme lemak dalam tubuh menghasilkan 9,0 kalori per gram.

Artinya, satu gram lemak menghasilkan lebih dari dua kali lipat energi daripada protein ataupun karbohidrat dalam jumlah yang sama.