Jenis file apa yang dapat dibuat dan diedit oleh Google Drive?

 Pengertian Google Drive

Google drive adalah layanan google untuk media penyimpanan data online (daring) berbasis cloud atau Internet yang pertama kali beredar pada tanggal 24 April 2012. Pada dasarnya layanan Google Drive sama seperti cloud storage lain semacam dropbox atau OneDrive.

Selain situs web, Google Drive juga menyediakan aplikasi-aplikasi dengan kemampuan offline untuk Windows dan komputer-komputer macOS, dan Android serta perangkat iOS. Google Drive meliputi Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides, yang mana merupakan bagian dari Google Docs Editor yang mengizinkan mengedit dokumen secara bersamaan atau berkelompok, spreadsheets, presentasi, menggambar, formulir, dll. File-file yang dibuat dan diedit melalui Google Docs akan tersimpan di Google Drive.

Fitur Fitur Google Drive

  • Integrasi Dengan Produk Lain

Fitur Integrasi ini menjadi bagian terpenting pada Google Drive. Pasalnya fitur ini terintegrasi dengan produk google lainnya seperti Google Doc, Google Shets, Atau Google Slide. File yang sudah kamu simpan pada Google Drive bisa kamu edit kembagi dengan menggunakan fitur ini tanpa harus mendownload File Tersebut.

  • Kapasitas Penyimpanan

Dengan mengimplementasikan teknologi  berbasis cloud kamu mendapat Kapasitas dari Layanan Google Drive ini sebesar 15GB untuk yang free license. Sedangkan untuk Google Drive Premium anda mendapat 30GB.

  • Sharing & Privasi Hak Akses

Google Drive juga memudahkanmu untuk berbagi file yang sama maupun melindungi privasi data yang sedang dikerjakan. Caranya cukup mudah, tinggal ganti saja pengaturan pada setiap file. Dengan hanya menggunakan fitur sharing kamu cukup memasukkan email partner kamu pada isian form sharing, partner anda sudah mendapatkan file tersebut. Tidak hanya itu, anda juga bisa memberikan hak akses bagi orang lain, seperti hanya bisa view konten, atau bisa ikut mengedit data tersebut sehingga anda bisa berkerja team.

  • Search File

Teknologi search yang dikembangkan untuk Google Drive sangat memanjakan penggunanya. Diantaranya adalah pencarian file berdasar jenis format file yang dicari, Pemilik file, tanggal modifikasi, dan lainnya. Google juga menambahkan fitur autocorrect pada search sehingga ketika kita salah ketik fitur ini memberikan saran.

  • Fitur Penerjemah Dokumen

Fitur penerjemah dokumen ini terhubung dengan Google Translate. Mendapatkan file dalam bahasa asing tentu akan menyulitkanmu untuk memahami isinya jika tidak paham dengan bahasa tersebut. Kamu bisa menerjemahkan file tersebut langsung dengan Google Drive setelah mengunggahnya. Jadi tidak perlu repot menggunakan Google Translate terlebih dahulu.

  • Convert Pdf to Text

Sering kali kamu mendapatkan kiriman file dari rekan ataupun teman dalam bentuk pdf di Google Drive. Lalu, kamu ingin melakukan perubahan pada dokumen yang dibagikan tersebut. Tentu dokumen tersebut harus diubah terlebih dahulu ke format text. Untuk mengubahnya, kamu tak perlu menggunakan bantuan aplikasi lain karena perangkat ini memiliki fitur convert pdf to text.

  • Revision History

Google Drive mempunyai fitur Revision History, fitur ini berfungsi untuk melihat history revisi yang telah anda edit. Revision History juga bisa melakukan restore dokumen sesuai tanggal modifikasi.

Layanan Google Drive menjadi salah satu paket G Suite yang ditawarkan Google. G Suite memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 30GB.

Fungsi Google Drive

 

  • Menyimpan File

Fungsi Google Drive yang pertama adalah tempat untuk menyimpan berbagai file penggunanya. Google Drive dapat menyimpan file bahkan yang bersifat pribadi sekalipun seperti ijazah atau sertifikat, keamanan yang ditawarkan Google terjamin kerahasiaannya.

  • Berbagi File

Selain menyimpan file secara pribadi, fungsi Google Drive lainnya adalah dapat berbagi file dalam ukuran besar sekaligus dengan orang-orang tertentu. Dalam hal ini kamu dapat mengundang orang lain dengan cepat untuk melihat, memberi komentar, dan mengedit file atau folder yang kamu pilih.

  • Mengedit File

Fungsi Google Drive satu ini tak banyak diketahui orang. Dengan Google Drive, kamu dapat mengedit file seperti Word, Excel, atau Power Point. Hasil pengeditan akan langsung tersimpan pada Google Drive kamu. Selain itu kamu juga dapat membuat file atau lembar kerja baru melalui Google Drive ini.

  • Backup File

Dengan Google Drive kamu dapat membackup semua dokumen yang ada di perangkat komputer dan ponsel kamu tanpa menggunakan penyimpanan fisik yang biasanya juga sering terkena virus. 

  • Membuat Catatan dari Google Keep

Untuk mencatat sesuatu yang penting, kamu tidak perlu mengandalkan aplikasi yang terinstal di komputer atau ponsel. Google Drive dapat menyimpan catatan kamu dengan menggunakan Google Keep.

  • Menyimpan Link

Ada saat dimana kamu sedang melakukan kegiatan browsing di internet dan ingin menyimpan link sebuah situs untuk dibaca kemudian hari. Kamu tak perlu repot untuk mengcopy pastenya di catatan. Google Drive dapat menyimpan link situs tersebut

  • Backup Chat WhatsApp

Fungsi Google Drive lainnya adalah untuk mencadangkan chat dan media WhatsApp ke Google Drive. Hal ini sangat diperlukan pada saat berganti ponsel terutama Android baru, riwayat chat dan media tidak akan hilang karena sudah ditransfer melalui Google Drive.

Resources :

  • https://www.google.co.id/drive/
  • https://www.google.com/intl/in/drive/about.html

Jenis file apa sajakah yang bisa diunggah di Google Drive?

File umum.
File arsip (.ZIP, .RAR, tar, gzip).
Format audio (MP3, MPEG, WAV, .ogg, .opus).
File gambar (.JPEG, .PNG, .GIF, .BMP, .TIFF, .SVG).
Markup/Kode (.CSS, .HTML, .PHP, .C, .CPP, .H, .HPP, .JS, .java, .py).
File teks (.TXT).
File video (WebM, .MPEG4, .3GPP, .MOV, .AVI, .MPEGPS, .WMV, .FLV, .ogg).

Apakah Google Drive bisa mengedit file?

Kini, aplikasi Google Drive di iOS dan Android bisa mengedit dokumen lembar lajur atau spreadsheet. Sama seperti pengguna Google Drive di komputer pribadi, kini pengguna Google Drive dapat membuat dan mengedit dokumen lembar lajur dari perangkat mobile.

Apa tipe file yang didukung pada aplikasi Google Doc?

OpenDocument Format (.odt) Rich Text Format (.rtf) PDF Document (.pdf) Plain Text (.txt)

Bagaimana cara mengedit file di Google Drive?

Di komputer, buka dokumen di docs.google.com..
Pilih teks yang ingin Anda ubah. Akan muncul tombol di margin kanan. Klik Sarankan edit ..
Jika tidak menemukan Menyarankan. di toolbar, pilih salah satu opsi berikut: Di kanan atas, klik Pengeditan. lalu dari menu drop-down, pilih Menyarankan. . Klik Minta akses edit..