Panduan apa sitasi dari web

Ilustrasi menulis daftar pustaka dari web. Foto: Pixabay

Cara menulis daftar pustaka dari web belum banyak diketahui oleh mahasiswa. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa mahasiswa gemar menjadikan sebuah website sebagai referensi membuat laporan atau tugas yang diberikan oleh dosen.

Menurut buku Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah karya Khairul Azan, M.Pd (2021P 19), daftar pustaka adalah bagian penulisan yang diletakkan pada akhir sebuah karya ilmiah. Hal yang perlu dicantumkan di dalamnya, yaitu nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, dan tahun terbit.

Kegunaan daftar pustaka adalah sebagai bahan rujukan atau sumber seorang penulis dalam membuat karya ilmiah. Daftar pustaka merupakan bab penting yang harus dilampirkan. Tanpa adanya daftar pustaka, sebuah karya ilmiah tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

Referensi dari website internet biasanya lebih banyak dicari, karena cepat dan efisien. Sebenarnya, cara menulis daftar pustaka dari web sama seperti cara menulis daftar pustaka dari sumber-sumber lainnya.

Namun, terdapat format-format tertentu yang dijadikan sebagai standar penulisan daftar pustaka, yaitu format APA, MLA, MHRA, dan CSE.

Menulis daftar pustaka dari web dapat menggunakan 4 format yang berbeda. Foto: Pixabay

Merujuk pada buku Cara Praktis Penulisan Karya Ilmiah dalam Bahasa Indonesia oleh Novi Indrastuti (2020: 32), berikut cara menulis daftar pustaka dari web.

Format APA (American Psychological Association) paling sering digunakan oleh peneliti di Indonesia. Susunan daftar pustaka yang ditulis dengan format ini, yaitu:

Nama situs.Tanggal penerbitan artikel dibuat.Judul artikel ditulis miring.Tanggal situs diakses, dari URL situs.

Sebagai catatan, tanggal penerbitan artikel ditulis dengan format: yyyy, d month.

Kumparan.com. (2021, 9 Juni). 238 Ribu Orang Daftar PPDB Jakarta, SMA-SMK Capai 98 Ribu Pendaftar. Diakses pada 9 Juni 2021, dari https://kumparan.com/kumparannews/238-ribu-orang-daftar-ppdb-jakarta-sma-smk-capai-98-ribu-pendaftar-1vuMKaKP1Fh.

Modern Language Association atau format MLA memiliki susunan penulisan daftar pustaka dengan urutan sebagai berikut:

"Judul artikel". Nama situs. Tanggal penerbitan artikel. Tanggal artikel diakses. <URL situs>.

“238 Ribu Orang Daftar PPDB Jakarta, SMA-SMK Capai 98 Ribu Pendaftar”. Kumparan.com. 9 Juni 2021. 9 Juni 2021. <https://kumparan.com/kumparannews/238-ribu-orang-daftar-ppdb-jakarta-sma-smk-capai-98-ribu-pendaftar-1vuMKaKP1Fh>.

Format MHRA atau Modern Humanities Research Association juga sering digunakan peneliti di beberapa belahan dunia. Susunan penulisannya, yaitu:

Nama situs, “judul artikel”, Deskripsi website, Tanggal penerbitan artikel, <URL situs>[tanggal situs diakses].

Kumparan.com, “238 Ribu Orang Daftar PPDB Jakarta, SMA-SMK Capai 98 Ribu Pendaftar”, Jumlah Pendaftar PPDB Jakarta, <https://kumparan.com/kumparannews/238-ribu-orang-daftar-ppdb-jakarta-sma-smk-capai-98-ribu-pendaftar-1vuMKaKP1Fh> [diakses pada 9 Juni 2021].

Council of Science Editors atau CSE Styles memiliki format penulisan sebagai berikut:

Nama situs. Judul artikel [internet]. Deskripsi situs, Waktu penerbitan artikel [tanggal situs diakses]. Tersedia dari URL situs.

Kumparan.com. 238 Ribu Orang Daftar PPDB Jakarta, SMA-SMK Capai 98 Ribu Pendaftar [internet]. Jumlah Pendaftar PPDB Jakarta, 9 Juni 2021,13:18 [diakses 9 Juni 2021]. Tersedia dari https://kumparan.com/berita-hari-ini/sejarah-banjir-jakarta-dari-masa-ke-masa-era-kolonial-hingga-sekarang-1sZNEjtOqqE.

Ilustrasi menulis daftar pustaka dari internet yang dinilai lebih cepat dan efisien. Foto: Pixabay

Lantas, bagaimana cara menulis daftar pustaka dari web yang nama penulisnya dicantumkan? Jika menemui kondisi seperti ini, nama penulis dan tahun penulisan wajib diikutsertakan.

Format atau susunan penulisan daftar pustaka dapat ditulis dengan urutan sebagai berikut:

Widyatama, Bastian. 2021. “238 Ribu Orang Daftar PPDB Jakarta, SMA-SMK Capai 98 Ribu Pendaftar” https:// kumparan.com/berita-hari-ini/sejarah-banjir-jakarta-dari-masa-ke-masa-era-kolonial-hingga-sekarang-1sZNEjtOqqE. Diakses pada 9 Juni 2021.

Khusus penulisan nama penulis, tetap ditulis menggunakan nama lengkapnya. Caranya, yaitu meletakkan nama belakang di bagian depan. Kemudian diberi tanda koma, untuk disertai dengan nama depan, dan diberi tanda titik di belakangnya.

Apakah boleh mengutip dari web?

Boleh saja, informasi digital yang dikutip dari internet dari laman tertentu bisa dijadikan sebagai daftar pustaka.”

Cara Membuat Dapus APA dari web?

Untuk penulisan daftar pustaka dari internet seperti ini, urutannya adalah sebagai berikut:.
Nama. Cara penulisan nama untuk artikel daring tidak berbeda dengan penulisan nama dari sumber buku maupun artikel cetak..
Tahun Penayangan. Tuliskan tahun penayangan dari artikel tersebut..
Judul. ... .
URL. ... .
Waktu Pengambilan..

Cara mengutip dari website tanpa penulis apa style?

Untuk mengutip satu halaman web tertentu yang tidak memuat nama penulis, cantumkan judul halaman terlebih dahulu. Tikkan judul dengan huruf kapital sebagai huruf pertama pada kata pertama dan nama diri saja. Sisipkan titik di akhir judul halaman. Sebagai contoh: Canada: Education structure.

Tata cara penulisan sitasi apa style?

APA Style atau American Psychological Association adalah jenis sitasi yang diciptakan organisasi APA terutama untuk bidang psikologi dan sosial. Makanya sitasi ini seringkali ditemukan dalam karya tulis ilmiah yang ditulis oleh akademisi jurusan ilmu sosial dan psikologi.