Usaha apa yang menjanjikan dengan modal kecil

- Memulai bisnis tidak harus selalu punya modal puluhan atau ratusan juta rupiah. Asal Anda memiliki niat dan perencanaan yang baik, Anda sudah bisa memulai bisnis dengan modal hanya Rp 1 juta.

Bahkan dengan modal sekecil itu, Anda bisa meraup keuntungan berlipat jika memiliki perencanaan usaha yang baik.

Jika Anda masih bingung harus membuka bisnis apa dengan modal segitu, berikut ini macam-macam pilihan bisnis modal Rp 1 juta yang bisa dicoba. Simak ulasan berikut ini.

Mengutip cimbniaga.co.id, berikut sederet ide bisnis dengan modal hanya Rp 1 juta.

1. Aneka Minuman Kekinian

Minuman merupakan salah satu bidang bisnis yang masih sangat menjanjikan, mengingat semua orang membutuhkan minum dan suka minuman yang unik.

Anda bisa membuka usaha minuman kekinian sesuai target pasar yang dituju, misalnya aneka teh, es kopi susu, minuman rasa buah, atau varian minuman lainnya.

2. Aneka Kue Kering

Selain minuman, makanan juga merupakan ide bisnis yang tidak akan lekang oleh waktu karena semua orang butuh makan. Jika modal Anda kecil, Anda bisa memulai usaha makanan dengan menawarkan aneka kue kering. Pembuatannya tidak terlalu sulit dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah atau tempat terbatas. Sebagai langkah awal, Anda bisa menawarkan produk tersebut ke teman-teman Anda lebih dulu.

3. Bisnis Katering Sarapan

Ide bisnis makanan selanjutnya adalah katering sarapan. Banyak orang yang tidak sempat membuat sarapan bergizi karena kesibukan atau terburu-buru beraktivitas setiap pagi.

Nah, Anda bisa membuka bisnis katering sarapan untuk orang-orang di sekitar Anda, misalnya tetangga atau rekan di kantor.

4. Aneka Camilan dan Makanan Ringan

Selain kue kering, camilan dan makanan ringan seperti keripik juga digandrungi orang-orang, terutama anak-anak.

Anda bisa membuat camilan dengan berbagai bahan dasar yang mudah didapat seperti kentang, singkong, atau ubi. Modalnya tidak terlalu besar karena Anda bisa menghasilkan banyak bungkus keripik dengan bahan baku secukupnya.

5. Bisnis Kaus Pre-order (PO)

Industri yang tidak kalah kuat demand-nya di pasaran adalah industri fashion, karena semua orang membutuhkan pakaian. Anda bisa memulai usaha di bidang fashion dengan membuka bisnis kaus pre-order (PO).

Skema ini lebih hemat daripada menjual baju jadi karena Anda hanya akan memproduksi kaus sesuai jumlah pesanan saja.

6. Butik Preloved

Atau jika Anda memiliki banyak sumber pakaian yang tidak terpakai lagi, Anda juga bisa memulai usaha butik preloved. Anda dapat memfasilitasi orang-orang untuk menyumbangkan atau menjual kembali pakaian yang sudah tidak digunakan untuk ditawarkan kepada orang lain yang ingin pakaian tersebut.

Anda cukup mengeluarkan modal untuk gantungan baju display dan getol mempromosikannya di media sosial.

7. Jasa Jahit Pakaian

Ide bisnis lainnya dari industri fashion adalah jasa jahit pakaian. Anda cukup menyiapkan mesin jahit sederhana yang harganya di bawah Rp 1 juta, kemudian benang dan jarum. Kain biasanya disediakan sendiri oleh pemesan jasa kita. Sebagai awalan, tawarkan dulu jasa Anda kepada tetangga atau teman-teman. Jika usaha Anda berkembang, Anda bisa mulai mengerjakan pesanan pakaian yang lebih banyak, misalnya untuk geng arisan.

8. Bisnis Laundry

Bisnis laundry atau jasa cuci tidak harus selalu bermodalkan puluhan juta rupiah karena harus beli mesin cuci. Anda bisa memulai usaha laundry dengan modal Rp 1 jutaan.

Caranya, Anda bisa bekerja sama dengan laundry yang sudah lebih besar. Anda dapat berperan sebagai pihak yang mencarikan pelanggan laundry, menjadikan tempat Anda sebagai lokasi menampung pakaian-pakaian pelanggan, atau menyetrika dan melipat baju. Dari situ, Anda bisa mendapatkan komisi per pesanan atau per potong pakaian.

9. Jasa Cuci Sepatu

Ide laundry lainnya yang bisa Anda lakukan adalah jasa cuci sepatu. Belakangan semakin banyak pelaku usaha yang bermain di bisnis ini, karena banyak orang tidak sempat mencuci sepatu sendiri.

Modal yang Anda miliki bisa digunakan untuk membeli deterjen dan peralatan yang sesuai untuk mencuri sepatu. Anda juga harus memiliki keahlian mencuci sepatu supaya tidak rusak.

10. Jasa Cuci Motor

Masih tentang cuci-mencuci, Anda juga bisa mencoba usaha cuci motor. Tempatnya bisa di depan rumah Anda sendiri, yang penting siapkan alat-alat pembersih dan pastikan dekat dengan sumber aliran air.

Jika usaha Anda sudah berkembang, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan kompresor untuk kebutuhan mencuci motor.

Selain dalam bentuk tempat cuci motor, Anda bisa menjalankan usaha ini dengan model home care atau datang ke rumah pelanggan.

11. Jasa Potong Rambut

Ide berikutnya yang bisa dimulai dengan modal kecil adalah jasa potong rambut. Buka jasa potong rambut sederhana dulu, tidak perlu menggunakan ruangan salon yang besar.

Anda bisa mencontoh akang-akang tukang potong rambut di tepi jalan yang biasanya hanya bermodalkan cermin, kursi, kain penutup, dan alat-alat untuk mengunting/mencukur rambut.

Jika usaha ini berkembang, Anda bisa membuka salon di tempat yang settle.

12. Jasa Ketik atau Pengetikan

Jika Anda sudah memiliki laptop atau komputer, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuka bisnis jasa pengetikan. Apalagi jika Anda masih berstatus pelajar atau mahasiswa yang ingin mencari penghasilan lewat usaha sampingan.

Tidak butuh modal besar untuk memulai usaha ini. Biasanya biaya print juga tidak terlalu mahal.

13. Cetak Foto Polaroid

Mungkin Anda sudah beberapa kali melihat pencetak foto di event-event, di mana foto bisa langsung dicetak di tempat dan dibawa pulang.

Nah, Anda bisa memulai bisnis cetak foto polaroid ini. Modal Rp 1 jutaan bisa digunakan untuk alat berupa printer khusus dan set kertas foto.

Pemotretan sendiri bisa dilakukan dengan kamera maupun HP.

14. Suvenir Pernikahan

Jika Anda suka membuat prakarya atau handcraft, Anda bisa memanfaatkan hobi itu menjadi ladang penghasilan. Misalnya dengan membuat suvenir pernikahan.

Pilih suvenir yang tidak terlalu rumit pembuatannya. Contohnya gantungan kunci dari flanel.

Modal bahan-bahan dan alatnya tidak terlalu mahal, tapi Anda bisa memasang harga yang cukup tinggi untuk setiap pcs suvenir. Bahkan Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga dua kali lipat.

15. Jasa Pembuatan Parsel atau Hamper

Hampir sama dengan suvenir, Anda juga bisa menyalurkan hobi handcraft menjadi bisnis pembuatan parsel atau hampers. Bahan dan alat yang dibutuhkan hampir sama, ditambah keranjang atau kotak sebagai tempat untuk berbagai isi parsel atau hampers.

Bisnis ini akan sangat menguntungkan terutama pada waktu tertentu, misalnya Hari Raya Idul Fitri dan Tahun Baru.

16. Bisnis Aksesoris Wanita

Ide lainnya dari hobi handicraft adalah membuat aksesori wanita, seperti pita, kalung, atau anting-anting dari bahan manik-manik. Bisnis ini terbilang menjanjikan karena umumnya pelanggan wanita menyukai pernak-pernik yang lucu dan unik.

Cari tren aksesoris atau perhiasan yang sedang naik daun saat ini.

17. Jual Mainan Anak

Pelanggan anak-anak juga bisa menjadi potensi bisnis yang besar. Anak-anak suka mainan, sehingga Anda bisa memulai bisnis mainan anak-anak.

Pilih mainan yang tidak terlalu mahal dan praktis saja, misalnya mobil-mobilan atau boneka. Modal yang diperlukan tidak terlalu besar, tapi dengan strategi yang tepat, Anda bisa menjualnya dengan harga cukup tinggi dan mendapat keuntungan hingga dua kali lipat.

18. Bisnis Dropship

Bisnis ini tengah menjadi tren, di mana penjual yang disebut dropshipper tidak harus membeli barang dari supplier. Mereka hanya menjembatani antara pelanggan dengan supplier yang akan mengirimkan barang.

Karena tidak harus menyetok barang sendiri, bisnis dropshipper sangat tepat dilakukan oleh pemula.

19. Bisnis Warung Kopi

Bisnis warung kopi terbilang menjanjikan meskipun sekarang banyak bisnis coffee shop yang lebih besar. Warung kopi bisa menjadi tujuan pelanggan kelas menengah ke bawah.

Modal yang Anda butuhkan cukup untuk membeli berbagai jenis minuman sachet seperti kopi atau cokelat, gorengan, mie instan, serta jaringan internet nirkabel. Pelanggan akan betah berlama-lama di warung kopi Anda.

20. Bisnis Lahan Parkir Strategis

Jika Anda memiliki tanah atau lahan kosong yang tidak terpakai di daerah strategis, Anda bisa memanfaatkannya sebagai lahan parkir.

Keterbatasan lahan terutama di gedung-gedung di kota besar bisa menjadi peluang bagus bagi Anda menyediakan lokasi parkir alternatif. Modal yang ada bisa digunakan untuk membuat portal sederhana dan membayar penjaga keamanan tempat parkir tersebut.

Kunci Sukses Bisnis Modal Kecil

Nah, setelah memilih salah satu dari ide bisnis modal Rp 1 juta di atas, Anda juga perlu memperhatikan kunci sukses menjalankan bisnis dengan modal kecil tersebut. Berikut tipsnya mengutip Jurnal Langkah Sukses Memulai Usaha oleh Suwinardi, dalam situs jurnal.polines.ac.id.

  • Pilih bidang usaha yang diminati dan Anda memiliki pengetahuan di bidang tersebut.
  • Perbanyak koneksi atau jaringan bisnis agar dapat menemukan mitra usaha yang tepat serta menggaet konsumen.
  • Tonjolkan keunikan dan keunggulan produk yang Anda tawarkan agar terlihat berbeda dari produk kompetitor.
  • Jaga kredibilitas dan image dari brand yang Anda tawarkan.
  • Berikan pelayanan yang berkualitas dan responsif.
  • Kelola keuangan untuk operasional secara terencana dan tepat guna.
  • Sisihkan dana untuk modal kerja dan penambahan investasi alat-alat produk atau jasa.

Itulah 20 ide bisnis dengan modal Rp 1 juta. Bisnis mana yang ingin Anda lakukan? Yang mana pun, semoga berhasil dan bermanfaat, detikers.

Simak Video "Cobain Kereta Api Kekinian untuk Liburan Akhir Tahun!"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

Usaha apa yang tidak ada matinya?

Berikut ini adalah jenis-jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya yang bisa kamu pertimbangkannya saat ingin memulai sebuah usaha..
Jualan Sembako. Sumber: Pexels. ... .
2. Laundry. Sumber: Pexels. ... .
Katering. ... .
4. Snack atau Camilan. ... .
Kafe atau Coffee Shop. ... .
6. Jual Pakaian. ... .
7. Jasa Top Up dan Jual Voucher Game. ... .
Jasa Jahit Pakaian..

Jualan apa yang paling cepat laku?

Ide Jualan yang Paling Laris.
Usaha Bimbel Rumahan. Ide pertama yang dapat dijalankan adalah usaha bimbel rumahan. ... .
2. Bisnis Es Krim Rumahan. ... .
3. Bisnis Sate Cokelat Buah. ... .
4. Bisnis Es Jus. ... .
Bisnis Modifikasi Sepeda Fixie. ... .
6. Bisnis Baju Bekas Impor. ... .
7. Bisnis Jamur Krispi. ... .
Bisnis Toko Sepatu dan Sandal Online..

Usaha apa yg belum banyak pesaing?

Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing.
Katering Sehat. Ide pertama yang bisa Anda jalankan adalah katering sehat. ... .
Minuman Kesehatan. Hampir sama dengan katering sehat, bisnis minuman sehat juga sedang banyak dibutuhkan. ... .
3. Dropship. ... .
4. Cloud Kitchen. ... .
Reseller. ... .
6. Usaha Jastip. ... .
7. Food Truck. ... .
Jual-Beli Barang Bekas..

Usaha apa yang dibutuhkan orang setiap hari?

Sembako. Bisnis yang laku setiap hari pertama adalah sembako. ... .
2. Warung Nasi. Berbicara tentang bisnis yang laku setiap hari, kurang afdol kalau tidak mencantumkan kuliner, salah satunya warung nasi. ... .
Menu Sarapan. ... .
4. Jualan Pulsa/Paket Data. ... .
Pom Bensin. ... .
6. Jasa Ekspedisi. ... .
7. Jualan Bakso. ... .
8. Laundry Kiloan..