Yang tidak merupakan prinsip dalam menggambar model adalah

adjar.id – Adjarian, untuk menggambar model, kegiatan awal yang perlu dilakukan adalah menentukan objek dari model yang akan kita gambar.

Nah, objek gambar model ini bisa berbagai hal, seperti hewan, manusia, tumbuhan, bahkan benda-benda yang disusun.

Benda-benda yang disusun itu sesuai dengan proporsi, komposisi, irama, dan keseimbangan hingga menjadi kesatuan yang utuh.

O iya, objek dalam benda disebut sebagai gambar bentuk. Objek tersebut langsung kita amati bentuknya.

Baca Juga: Pengertian Menggambar Beserta Alat dan Media untuk Menggambar

Hal ini membuat kita menjadi lebih mudah untuk bisa mengetahui struktur bidang dan bentuk gambarnya.

Struktur bidang dan bentuk tersebut sangatlah beragam, bentuk gambar alam dapat berupa bola, bujur sangkar, kerucut, kubus, dan balok.

Sementara strukturnya bisa berupa bidang datar dan melingkar.

Nah, sekarang kita simak penjelasan mengenai prinsip-prinsip menggambar model, yuk!

“Model alam benda bisa menyebabkan efek bayangan karena adanya sinar yang memberikan pencahayaan.”

Prinsip-Prinsip Menggambar Model

Dalam menggambar model kita dituntut mempunyai pengamatan yang baik pada objek yang akan digambar. Tujuannya agar gambar terlihat menarik dan memiliki keindahan.

Berikut ini adalah prinsip-prinsip menggambar model, di antaranya:

1. Komposisi

Komposisi adalah cara kita untuk menyusun dan mengatur sebuah objek yang digunakan sebagai model gambar, yang nantinya hasil gambarnya akan terlihat indah dan menarik.

Komposisi sendiri bisa dibuat dengan bentuk objek gambar, jenis objek gambar, latar belakang gambar, dan warna objek gambar.

Baca Juga: Mengenal Pengertian Seni dan Seni Rupa, Fungsi, serta Jenis-jenisnya

Beberapa jenis-jenis komposisi, yaitu:

a. Komposisi Simetris

Pada komposisi ini, model yang menjadi objek diletakkan pada komposisi yang seimbang, baik sebelah kiri atau kanan, dan juga keseimbangan dalam bentuk dan ukuran.

b. Komposisi Asimetris

Pada komposisi ini, benda diletakkan pada posisi dan ukuran yang tidak seimbang, walaupun begitu kita tetap memperhatikan proporsi, kesimbangan dan kesatuan benda.

c. Komposisi Sentral

Komposisi ini menempatkan pusat perhatian objek di tengah bidang gambar dan diatur sesuai proporsi bentuk dan keseimbangan.

“Komposisi terdiri dari tiga jenis, yaitu komposisi simetris, asimetris, dan sentral.”

2. Proporsi

Proporsi merupakan perbandingan yang ideal antarbagian benda yang menjadi objek model gambar.

3. Keseimbangan

Keseimbangan merupakan sebuah keselarasan antarbidang gambar, objek, serta gambar yang dibuat.

Nah, cara memperoleh keseimbangan ini bisa dengan membuat skala, memberikan efek perspektif, dan sudut pandang dalam menggambar.

Baca Juga: Mengenal Seni Rupa Ragam Hias, Pola, dan Jenis-Jenis Motifnya

4. Kesatuan

Kesatuan merupakan sebuah keserasian saat mengatur objek, sehingga benda yang menjadi objek memiliki kesan kedalaman, ruang, dan antarobjek saling mendukung.

Hal ini akan membuat gambar terlihat lebih menarik.

Nah, itu tadi Adjarian penjelasan tentang menggambar model dan prinsip-prinsip menggambar model.

Yuk, sekarang jawab pertanyaan berikut ini.

Pertanyaan

Prinsip komposisi terdiri dari beberapa jenis, apa saja jenis-jenis komposisi itu?

Petunjuk: Cek halaman 2.

KOMPAS.com - Menggambar termasuk aktivitas yang menyenangkan. Aktivitas ini bisa dilakukan dengan menggambar apa saja. Salah satu contohnya adalah menggambar model atau gambar model. Seperti namanya, menggambar model membutuhkan model sebagai obyek yang digambar.

Menurut Mesra dalam jurnal Pengaruh Beberapa Mata Kuliah Dasar-dasar Menggambar terhadap Menggambar Model (2014), menggambar model merupakan aktivitas membuat gambar dengan menjadikan model sebagai obyeknya.

Kata lainnya, menggambar model adalah membuat tiruan obyek model atau benda. Obyek yang ditiru bisa berupa benda hidup (seperti hewan dan manusia) atau benda mati (pemandangan alam atau benda di sekitar kita).

Prinsip menggambar model

Mengutip dari buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2020) karya Sofyan Salam dan teman-teman, prinsip utama penggambaran obyek dalam menggambar model adalah menirunya (menggambar) obyek tiga dimensi di atas bidang kertas, sesuai apa yang dilihat.

Baca juga: Gambar Model: Pengertian, Prinsip, Teknik, Obyek, dan Contohnya

Melansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), menggambar model atau gambar model mempunyai empat prinsip penting, yakni:

Adalah penyusunan serta pengaturan obyek gambar agar terlihat menarik. Komposisi dapat terbentuk melalui obyek gambar, warna, jenis obyek, serta latar belakang gambarnya. Komposisi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Komposisi simetris
    Pada jenis komposisi ini, benda yang menjadi obyek diletakkan seimbang di sebelah kiri dan kanan, sehingga memperlihatkan keseimbangan, baik dalam bentuk ataupun ukurannya.
  2. Komposisi asimetris
    Pada jenis komposisi ini, benda yang menjadi obyek tidak diletakkan seimbang, baik dari segi ukuran maupun bentuknya. Namun, gambar yang dihasilkan tetap memperlihatkan proporsi serta kesatuan.
  3. Komposisi sentral
    Maksud komposisi sentral adalah benda yang menjadi obyek terletak di tengah bidang gambar. Penempatan benda diatur sesuai proporsi bentuk obyek, keseimbangan, serta kesatuan antar bendanya.

Adalah perbandingan yang ideal serta harmonis antara benda yang menjadi model gambar dengan yang diamati pembuat gambar. Jika proporsi obyeknya tepat, maka hasil gambarnya akan terlihat wajar.

Baca juga: Jenis-Jenis Menggambar

Adalah keselarasan bidang gambar, model gambar, serta hasil gambar. Keseimbangan hanya dapat diperoleh dengan pembuatan skala, pemberian efek perspektif pada model gambar, serta sudut pandang penggambar.

Adalah keserasian pengaturan model gambar. Obyek diatur sedemikian rupa supaya menimbulkan kesan ruang, kedalaman, serta obyek yang saling mendukung. Sehingga hasil gambarnya terlihat baik, indah, serta menarik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

sebastiandennis sebastiandennis

Dalam menggambar model, berikut adalah prinsip yang digunakan:

  • Komposisi: prinsip menggambar model yang merupakan peletakan objek gambar pada bidang gambar sehingga bisa menciptakan keseimbangan yang baik pada hasil gambar. Dalam menggambar model, komposisi bisa dibedakan menjadi komposisi simetris, asimetris, dan sentral.
  • Proporsi: prinsip menggambar model yang merupakan adanya perbandingan ideal pada bagian-bagian dari objek gambar terhadap bentuk dari objek gambar secara keseluruhan untuk bisa menciptakan hasil gambar yang rasional atau masuk akal. Proporsi ini sangat penting untuk bisa menghasilkan hasil gambar dengan tingkat kemiripan yang tinggi.
  • Keseimbangan: prinsip menggambar model yang merupakan adanya keselarasan antara bidang gambar, objek gambar, dan setiap unsur seni rupa yang ada pada hasil gambar sehingga keseluruhan hasil gambar bisa menarik untuk dilihat.
  • Kesatuan: prinsip menggambar model yang merupakan adanya hubungan yang kuat antara unsur-unsur seni rupa yang ada pada bidang gambar sehingga unsur-unsur seni rupa tersebut menciptakan kesatuan dan keselarasan yang baik.

Pembahasan

Menggambar model adalah salah satu jenis dari kegiatan menggambar yang dilakukan dengan meniru suatu bentuk dari objek yang ada di dunia nyata. Oleh karena itu, hasil gambar dari menggambar model ini harus bisa memiliki tingkat kemiripan yang tinggi dengan objek yang kita jadikan pedoman tersebut. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menggambar model adalah perupa harus bisa mengetahui setiap bagian dari objek tersebut sehingga bisa menciptakan hasil gambar dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Pelajari lebih lanjut

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: Seni Budaya

Bab: 1 - Menggambar Model

Kode: 8.19.1

#TingkatkanPrestasimu #SPJ6